-->

Windows 10 Lemot: upgrade Ke SSD Maknyus!

 Windows 10 lemot, lambat dan sering freez padahal komputer atau laptop bersih tidak kena virus. Hasil scan dari anti virus statusnya baik. Kalau secara software laptop tidak masalah tetapi laptop lemot pisan solusinya coba lirik performa hardware.

Laptop yang lambat penyebab utamanya karena masalah di software atau hardware. Di postingan kali ini asumsi dari sisi software tidak ada problem jadi fokus ke hardware.

Bagaimana cara mengetahui peneyebab laptop windows 10 lemot yang disebabkan oleh hardware?

Upgrade Harddisk Menjadi SSD

Cara mudah untuk mengetahui penyebab laptop windows 10 lemot karena performa hadware yang minim, bisa dicek di Task Manager, klik di menu Performance
 
cara mengatasi laptop windows 10 lemot
 
Pada menu performance ini fokus pada performa dari Memory dan Disk. Pada laptop dengan OS windows 10 yang masih menggunakan harddisk biasanya performa harddisk manteng 100% terus. 

Jika resource harddisk 100% terus bisa menyebabkan laptop jadi lemot atau lambat sekali. Dan biasanya laptop yang menggunakan os windows 10 pakai harddisk manteng di 100% terus meskipun belum ada aplikasi yang dijalankan.
 

Jadi solusi windows 10 lambat kondisi harddisk 100% terus yaitu upgrade ke SSD. Kalau sobat tidak banyak aplikasi dan penyimpanan standard saja, upgrade ke ssd 256 Gb sudah cukup. Untuk spek bisa menggunakan SSD Sata 3, kapasitas 256 Gb, klik disini untuk info harga.

Setelah di upgrade ke SSD biasanya performa disk menjadi normal, persentasi akan anik turun tergantung proses kerja yang sedang berlangsung pada laptop. Seperti gambar diatas performa disk hanya 1% saja. 

 
Harddisk lama laptop yang telah di upgrade bisa sobat manfaatkan lagi untuk dibuat menjadi external harddisk, cukup membeli alat tambahan yang disebut casing external harddisk usb 3, klik disini untuk info harga. 
 

Upgrade Ram Menjadi 8 Gb 

Selain melakukan upgrade harddisk menjadi ssd, agar sobat nyaman menggunakan laptop dengan os windows 10, perhatikan juga performa dari memory. Idealnya dalam kondisi idle atau tidak ada aplikasi yang sedang berjalan di kisaran 20% hingga 40%.
 
Windows 10 masih bisa berjalan dengan aman diram atau memory 4 Gb dengan storage ssd, tapi kalau ada beberapa aplikasi yang dibuka bersamaan, sobat kudu rada sabar.
 
 
Kalau mau upgrade ram sebaiknya perhatikan spek ram yang disupprot oleh motherboard. Atau cara mudahnya lihat spek ram yang sudah terpasang. Kalau sobat mau beli online untuk upgrade ram biasanya diminta untuk dicek spek ram terlebih dahulu menggunakan aplikasi seperti CPU-Z dan sejenisnya.
 
Soalnya kalau tidak sesuai spek ram yang dibeli bisa jadi tidak compatible dengan motherboard laptop kita. Klik disini harga ram laptop ddr3 8 Gb
 
Demikian tips untuk solusi mengatasi laptop lambat pada windows 10 dari sudut pandang secara hardware. Tips diatas cocok dipergunakan untuk cpu minimum core i3.  Untuk spek cpu yang dibawahnya ada perubahan performa tapi kurang maksimal.

Semoga bermanfaat...



LihatTutupKomentar