-->

Cara Cepat Upgrade HDD Laptop Ke SSD

Salah satu cara agar windows 10 atau windows 11tidak  lambat di laptop lama yaitu dengan upgrade harddisk. Upgrade harddisk lama menjadi SSD sangat terasa dalam meningkatkan performa laptop dengan OS windows 10 atau windows 11.
 
Upgrade harddisk ke SSD sebaiknya disamakan kapasitasnya, untuk memudahkan proses upgrade. Dengan size kapasitas SSD yang sama dengan harddisk kita bisa lebih mudah saat melakukan cloning.
 
upgrade hdd laptop ke ssd
SSD Sandisk Sata 3

 Karena harddisk laptop menggunakan interface SATA, maka untuk SSD yang akan dibeli harus sama yaitu tipe Sata. 

Ssd Sandisk bagi beberapa user menjadi pilihan ketika akan melakukan upgrade harddisk laptop ke ssd. Brand Sandisk memang sudah cukup punya nama ditanah air. Sandisk memberikan garansi resmi untuk produk ssd seperti diatas selama 3 tahun.

 
Jadi cara cepat upgrade harddisk laptop ke ssd yaitu dengan metode cloning. Tidak perlu melakukan instal ulang windows dan aplikasi lainnya di ssd. Dengan metode cloning harddisk ke ssd maka windows, aplikasi dan data akan sama seperti yang di harddisk.
 

Bagaimana cara melakukan cloning harddisk ke ssd 

Untuk melakukan cloning harddisk laptop ke ssd diperlukan software atau aplikasi pihak ketiga. Kalau anda searching di google software untuk cloning cukup banyak, tapi rata-rata harus bayar atau beli license.
 
Bagi yang  punya dana lebih, silahkan beli aplikasi yang berbayar sesuai dengan kebutuhan. Dan bagi yang ingin software gratisan, bisa coba clonezilla. Aplikasi ini gratisan karena berbasis opensource, silahkan download aplikasi ini disini

Cara menggunakan clonezilla relatif mudah, silahkan anda cari tutorialnya di internet. InsyaAllah dipostingan berikutnya siaba akan share cara cloning harddisk ke ssd dengan Clonezilla.

Kesimpulan:
  • Jika akan upgrade harddisk laptop ke SSD agar lebih mudah size kapasitas ssd harus sama dengan harddisk
  • Proses upgrade agar lebih cepat yaitu dengan cloning harddisk ke ssd

Semoga bermanfaat...

 

 
 
 
LihatTutupKomentar