-->

Manfaatkan RadioTape Jadul Jadi Speaker Bluetooth Wireless

Punya radio tape jadul yang tersimpan dipojok rumah? mari kita manfaatkan menjadi speaker bluetooth wireless canggih. Radio tape jadul anda yang sudah lama tidak terpakai nanti bisa dipergunakan untuk speaker aktif.

Dengan koneksi bluetooth tanpa kabel, tape jadul bisa untuk memperkeras masuk yang diputar dari handphone atau laptop.

Saya yakin dijamannya radio tape jadul yang anda miliki adalah tape yang punya nama. Suara bass dan treable yang dihasilkan tape-tape jaman dulu tidak kalah mantaps dengan speaker-speaker bluetooth terbaru.
 

Blok Radio Tape 

Secara sederhana radio tape jadi terdiri dari beberapa bagian atau blok berikut ini. 
 
Blok Tape
Blok ini berfungsi untuk memutar kaset, bagiannya yaitu mekanik pemutar kaset dan blok rangkai pre amp head.

Blok Radio
Blok ini berfungsi untuk menerima siaran radio,baik itu frekwensi radio SW, AM atau FM. Untuk pindah frekwensi tinggal filih selector. Pada blok ini terdapat blok rangkaian PCB tuner radio.

Blok Input Audio
Bagian ini dipergunakan untuk penguat sinyal audio dari perangkat lain seperti dvd player, cd player dan lain-lain. Sinyal audio yang masuk akan melewati blok rangkain tone control sebelum masuk ke blok amplifier/penguat akhir.
 
Blok Amplifier
Sesuai namanya blok ini merupakan penguat akhir/amplifier radio tape. Blok ini mendapatkan input sinyal audio dari output blok tone control yang diatur oleh sebuah VR (Variable Resistor) untuk menaikan dan menurunkan volume suara radio tape.

Cara Merubah Radio Tape Agar Bisa Bluetooth

Untuk merubah radio tape lama atau jadul menjadi support koneksi bluetooth realtif mudah. Anda cukup membeli modul bluetooth terbaru dan pastikan radio tape jadul anda tersedia input audio.
 
 
cara merubah radio tape menjadi speaker aktif bluetooth

Saat beli modul bluetooth jangan lupa beli adaptor atau power supply, sesuaikan dengan tegangan DC yang dipakai pada modul. Kalau ambil power supply dari radio tape biasanya muncul noise. Kalau anda paham cara meredam atau memfilter noise bisa ambil power supply dari radio tape.

Output dari modul hubungkan ke bagian input audio pada radio tape. Nyalakan modul dan radio tape, kemudian koneksikan bluetooth ke hp misalnya, putar musik.

Suara musik kini bisa terdengar di radio tape jadul yang kini sudah diupgrade menjadi speaker aktif bluetooth. Untuk penempatan modul gunakan kreasi sobat agar terlihat rapi.

Berikut ini ada video dari youtube yang mirip, membahas seperti postingan kali ini.


LihatTutupKomentar