Servis Kipas Angin Biasa

Share:
servis kipas angin1
Memperbaiki atau servis sendiri kipas angin rusak sebenarnya tidak terlalu sulit.Kipas angin dipasaran terdapat dua jenis yaitu kipas angin biasa dengan sistem kontrol biasa / manual dan kipas angin remot dengan sistem kontrol digital atau bisa dengan remot. Kalau yang biasa untuk menghidupkan atau mengatur kecepatan harus menekan tombol-tombol pada panel kipas angin. Kalau yang digital / remot pengoperasian bisa dilakukan lewat remot.Kali ini kita ngoprek kipas angin biasa.

Pada kipas angin biasa terdapat tiga bagian utama yaitu tombol kontrol, timer dan motor listrik. Jika salah satu dari ketiga bagian utama tadi bermasalah maka kipas angin tidak bisa berputar atau hidup.

Tombol Kontrol
Tombol kontrol biasanya terdiri dari empat tombol yaitu satu tombol untuk netral dan tiga tombol untuk pengatur kecepatan. Kecepatan pada kipas angin rast-rata terdapat tiga tingkat yaitu lambat, sedang dan cepat. Bagian ini jarang rusak, paling hanya kotor saja. Bagian kontrol dapat input dari outputnya timer.

Timer
Bagian timer berfungsi untuk mengontrol on / off kipas angin sesuai dengan waktu yang diseting. Biasanya seting waktu maksimal adalah satu jam. Kerusakan bagian ini mengakibatkan arus tidak masuk ke tombol kontrol. Jumper saja kabel input dan output ke timer untuk mengatasi kerusakan pada timer atau ganti timer baru



servis kipas angin5

Motor listrik
Motor listrik pada kipas angin berputar normal jika :


a. Ada arus listrik yang masuk
Arus listrik bisa masuk / mengalir ke motor listrik jika bagian timer, tombol pengontorl dan thermal fuse tidak bermasalah. Untuk mengecek kondisi tadi adalah dengan mengukur menggunakan tester pada posisi x1 di kabel colokan kipas angin dalam kondisi mati dengan tombol kontrol dan timer di “on”. Jika jarum bergerak sedikit berarti timer, tombol kontrol dan thermal fuse masih oke. Atau jika kipas dalam kondisi “on” / tersambung ke listrik maka akan terdengar bunyi “ngeng” atau dengung di motor listrik.

b. Kapasitor
Kapasitor yang kurang bagus atau sudah rusak bisa membuat kipas angin tidak berputar saat dihidupkan atau berputar tapi pelan. Kipas bisa berputar jika dibantu terlebih dahulu dengan memutarkan baling-balingnya. Motor jika disentuh panasnya tidak normal. Kipas angin dengan kondisi seprti ini kemungkinan besar bermasalah di kapasitornya, ganti saja dengan yang baru dengan ukuran yang sama.

servis kipas angin2

c. Kumparan/lilitan
Untuk mengetahui kumparan pada motor listrik bagus atau tidak bisa dilakukan seperti dengan cara a. Dan pastikan bahwa timer, tombol kontrol dalam kondisi ok. Kumparan bermasalah biasanya dibarengi dengan putusnya thermal fuse. Kumparan yang rusak bisa diservis dengan menggulung/melilit ulang atau kalau ingin cepat diganti dengan lilitan yang sudah jadi.

d. Thermal fuse
Thermal fuse berfungsi sebagai pengaman kumparan pada motor listrik. Jika kumparan panas atau mendapat arus terlalu besar thermal fuse akan aktif. Thermal fuse aktif maka arus listrik tidak mengalir ke kumparan dan kipas angin tidak akan berputar. Kerusakan pada thermal fuse bisa dicek seperti cara a. Untuk memperbaiki kerusakan kipas angin gara-gara thermal fuse adalah dengan menjumper / menyambungnya atau ganti dengan yang baru. Cuma masalahnya adalah untuk melepas thermal fuse harus membuka lilitan / kumparan terlebih dahulu. Thermal fuse biasa terletak dipangkal kumparan motor listrik .Butuh kesabaran dan hati-hati ketika mengganti thermal fuse. Salah-salah lilitan malah menjadi putus.
servis kipas angin3
servis kipas angin4
Thermal fuse

e. Bagian mekanik
Kerusakan pada bagian mekanik motor listrik kipas angin bisa membuat kipas tidak berputar, berputar tapi lambat dan suhu motor menjadi cepat panas. Bagian mekanik bermasalah membuat rotor motor tidak center. Ciri-cirinya adalah jika kipas angin diputar dalam kondisi off terasa berat. Ganti bearing / bushing dengan yang baru. Terkadang kotor pada bagian ini juga bisa menyebabkan hal serupa.

Dengan mengetahui cara kerja kipas angin tentunya menjadi lebih mudah dalam melakukan servis atau perbaikan pada kipas angin.Selamat ngoprek..

49 comments:

  1. ini yang saya cari karena 2 kipas di rumah rusak. artikel yang sangat bagus

    ReplyDelete
  2. Lanjut !, artikelnya kalo menyangkut yang ketemu sehari-hari dan bersifat umum / sederhana alias nggak 'njlimet' mantab dah !

    ReplyDelete
  3. om admin boleh tny gak??

    kipas angin ku capasitor ny dah gembung dan pecah, setelah di ganti, kipas bisa berputar lagi,
    tp ad 1 mslh lg, selama kipas angin hidup kumparan tidak terlalu panas, tetapi jika dimatikan trus kabel power ny di cabut, perlahan tp pasti suhu kumparan meningkat, menjadi sangat panas, ad masukan atas mslh ini??

    thank sblmny

    ReplyDelete
    Replies
    1. jngn khawatir itu normal, kalau tau pelajaran fisika smp perpindahan kalor, pasti tau kenapa bisa panas setelah dimatikan, cos asal tau di dalam dinamo kipas ada sirip pendingin yg berputar saat kipas dinyalakan, sederhananya coba buat percobaan sendok logam ente pegang ujungnya dan ujung satunya ente panaskan di api 15-30 detik lalu angkat, dan rasakan ujung sendok yg ente pegang lama2 panas juga kan, padahal tdk kena api, kalau kurang mudeng coba buka2 lagi buku fisika smp ente.

      Delete
  4. perkiraan saya kumparan dah kena, kemungkinan ada yang short..

    ReplyDelete
  5. kabel power di cabut, tidak mungkin kumparan bisa panas!

    ReplyDelete
  6. kapasitor kan nyimpen setrum boz,..kapasitor ke gedean ngak ukurannya?, kumparan short ngak?...kasusnya aneh gan he..he..

    semoga ngak puas yach..mungkin dibawah ada yg mo nambahin..thanks dah berkunjung

    ReplyDelete
  7. kipas ane cuma bisa dengung, tidak bisa muter walau udah diputerin pake tangan. capasitor baru ganti, fuse dites pakai AVO kayaknya enggak mati tuh. Apanya dong ya rusaknya? apakah ada kabel yg putus di sebagian kumparannya??

    ReplyDelete
  8. Posisi ngak dicolok (ngak ada setrum)+ roda gigi untuk memutar kiri kanan dilepas kalau diputar pakai tangan terasa berat ngak bos?..yang normal enteng, klo berat kemungkinan boz-boz (sory bahasa tekniknya nga tau) dudukan untuk as rotor sudah aus ato rusak jadi ngak center lagi atau ada kotoran, biasanya ini yang bikin kipas cuma dengung doang. klo kumparan ada yang short bisanya pas colokin suhu langsung naik, klo kumparan putus ngak ada bunyi dengung karena ngak ada arus masuk..dioperk lagi aja boz...

    ReplyDelete
  9. kl udah dijumper tetep gk ada kehidupan sm skali apanya lg yg dioprek ya boss?? thx.

    ReplyDelete
  10. kapasitor coba ganti, cek gulungan/kumparan dengan tester..pastikan arus listrik sampai ke kumparan ( cek timer, tombol on off)

    ReplyDelete
  11. Ok thx tips nya,,,kebetulan tadi abis benerin kipas pya tmn,pas di cek sesuai prosedur,,,,adaw dah,,,,bongkar gulungan,utk buka Thermo Fuse,pas di cek,jebol/mati dah,ya udah sy cb jamper,ehhhh muter lagi,cma blon sy cek pake baling'' kipasnya,kebetulan tadi cma bw mesinnya doang,abis ribet bawanya,mg aj awet,dan ga ada kendala yg lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thermo fuse usahakan tetap terpasang, untuk pengaman menghindari terbakarnya spul atau rusaknya spul lebih parah, dengan adanya thermo fuse jika terjadi short spul aman tdk sampai terbakar, pemakaian yg tdk normal misal dinyalakan berhari2, kipas panas, atau bearing macet sehingga putaran dinamo tertahan maka spul menjadi panas, dengan adanya thermo fuse spul tdk sampai terbakar.

      Delete
  12. matur nuwun pak, kipas anginku iso muter maneh..thermo fuse mati

    ReplyDelete
  13. Cara ngukur kumparan kalo rusak ato nggak nya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake tester bos, pilih ukuran ohm x1, klo jarum menunjukan angka tertentu (nilao ohm gede) kumparan oke, klo tidak bergerak kumparan putus, kalo angka ohm nilai kecil sekali kumparan shot

      Delete
    2. Lha itu yang dimaksud angka kecil itu nilainya berapa bos

      Delete
    3. angka kecil 0 (nol) ohm 0-10 ohm berarti short, seperti kipas berdiri maspion, spul 1 39 ohm, spul 2 45 ohm, spul 3 53 ohm, kalau menyimpang jauh nilai ohm nya berarti spul bermasalah. Setiap kipas ukuran ohm spulnya berbeda2 tergantung ukuran dinamo (diameter spul, jumlh lilitan) dan merk kipas tersebut, merk kipas cina kebanyakan ohm spul kecil (hemat lilitan spul), tujuannya supaya putaran kipas cepat, tapi efeknya ampere tinggi, cepat panas, sehingga spul cepat putus.

      Delete
  14. Nice. Sangat berguna. Kebetulan kipas saya rusak satu. dan sampai saat ini gak dipake.

    ReplyDelete
  15. Bos kipasku udh tua, emang biasanya penyakitnya di putaranya yg berat dan obatnya d bersihin dan sedikit semprot pelumas. Tapi yg trakhir ini bos, usai d bersihin muter kipasnya kok terbalik, knpa ya? Mhon pencerahanya

    ReplyDelete
  16. Bos kipasku udh tua, penyakit yg biasa hinggap emg putaranya yg berat dan biasanya cuma aku bersihin dan sedikit semprotan di as nya. Tapi yang trakhir usai d bersihkan, putaran kipas malah terbalik. Kenapa y? Mhon pencerahanya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo cuma di semprot doank ngk mungkin kebalik tuh muternya he..he
      masukin rotor ke balik ngak? atau kabel yang kapasitor tertukar

      Delete
    2. salam kenal Gan,,saya mau tanya,,di kumparan motor kipas angin terdapat 5 kabel,,semuanya nyambung,,apakah benar demikian,,mohon jawabannya gan dan terima kasih

      Delete
  17. bos kalo kipas angin kumparannya terlalu panas sampai fusenya terputus itu kendalanya apa ya bos,?? bahkan sudah saya ganti dg kumparan yg baru, tp slalu begitu hasilnya, mohon tipsnya

    ReplyDelete
  18. salam kenal gan,,kipas angin saya tdk berputar kalau di colokan strum,,terus di AS nya ada strum,setelah saya buka motornya ada 5 kabel,saya cek dgn multi tester semua kabelnya nyambung,apakah benar demikian gan,mohon jawabannya ,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. seprtinya kumparan sudah short atau kawat emailnya ada yang terkelupas ke body atau as, coba cek pake tester antara body sama ujung-ujung kumparan di posisi kilo ohm.

      Delete
  19. salam kenal gan,saya gunawan mau tanya pada kumparan kipas angin saya ada 5 kabel,semua kabelnya saya cek dgn multi tester nyambung semua,apakah benar demikian gan? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyambung disini harus menunjukan nilai OHM tertentu , klo nyambung biasa atau ohm sampai nol berarti kumparan /gulungan sudah short. kipasa angin biasa terdiri dari kumparan utama, kumparan kecepatan dan starting. secara visual jika kumparan short warnanya terlihat beda sedikit gosong.klo antar kumparan sudah short klo dipaksakan terus kumparan akan terbakar atau gosong.

      semoga yang dibawah bisa nambahin

      Delete
  20. Klo di on motornya ga bs muter malah macet,, tp klo di off motornya lancar itu kenapa gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kumparan dan kapasitor masih OK,kemungkinan rotor sudah ngak center tuch boz, bisa karena pas bongkar terus pasang kembali ngak pas atau bos / bearingnya sudah "kemakan" tah jadi ngak center

      Delete
    2. kalo yakin sudah center, coba kasih penyangga berupa ring yang telah di lumasi di poros belakang.

      Delete
  21. assalammu alaikum wr wb pak bos,....minta gambaran pastinyadong kalo pasang capasitor. soalnya aku udah lupa sambungannya dimana, maklum udah kutandai hilang! suwun n wassalam.

    ReplyDelete
  22. Mau nanya nih sama admin...
    Kipas sya muter'a pelan,trus panas...baca artikel trus sya coba ganti capasitor'nya...normal gan...
    Puteran jd kenceng,ga panas...
    Tp pas udah sore (sya ganti capasitor siang ) mendadak g muter lg..
    Panas bgt di bagian motor'a...
    Kira" knapa ya master mimin...
    Harus ganti lagi cpasitor kah??

    ReplyDelete
  23. kapasitor bagus biasanya tahan lama, kapasitor pake tester biasa ngak bisa di ukur jadi untuk kasus si bos cara termudah cb ganti kapasitor dulu, takutnya kapasiotr yg dibeli kurang bagus. jika masih tetep, kumparan motor kemungkinan sudah ada yang short

    ReplyDelete
  24. Bos
    Ane punya kipas baru 5 bulan tapi udah mulai lambat putarannya, kira2 itu kenapa bos ya?
    Tnk bos

    ReplyDelete
  25. Salam kenal bos,,
    Bos ane mau nanya ni, ane punya kipas angin baru 5 bulan tapi putarannya udah mulai lemah, kira2 itu apa masalahnya ya bos,
    tnk bos

    ReplyDelete
  26. Bos ane mau nanya ni,
    ane punya kipas baru 5 bulan tapi udah lemah putarannya kira2 itu apa ya masalahnya,
    tnk bos

    ReplyDelete
  27. thx buat si Aba kipas angin saya sudah bisa dipakai

    ReplyDelete
  28. KALAU PERBAIKI COOLER LION STAR DIMEDAN DATANG KERUMAH BISA YA NGGAK?

    ReplyDelete
  29. Mau tanya, klo kipasnya masih bisa berputar,tp selalu ada suara berdecit keras itu knpa ya min? Awal di nyalain jg gak langsung muter..nunggu bbrp mnit dulu.bru bisa muter tapi ada suara berdecit kerasnya.padahal udah saya kasih minyak di bagian As nya..knapa ya?
    Mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
  30. abah.. mohon petunjuk dong... saya beli kipas angin merk Regency kipas muter normal, tetapi kalau di on kan untuk muter ke kanan dan ke kirinya beberapa menit kemudian ada bunyi berdenyit-denyit.. kenapa ya bah.. bantuin dong bah...

    ReplyDelete
  31. Kemaren sy gak sengaja dapet ide masukin baby oil ke kipas angin, karna berhubung sbelumnya kipas CPU sy melambat. Tapi sy bingung, naroh baby oil kekipas angin dimananya ya?
    Soalnya Nunggu beberapa menit dulu biar bisa berputar normal..

    ReplyDelete
  32. tanya gan..kipas angin sy digital...untuk tmbol timmer sm swig nya..kl sy tekan kipas lgsung mati..itu penyebabnya apa ya gan...suwun..

    ReplyDelete

Page Rank Check


Baca juga :