-->

Kipas Angin Rusak, Ganti Mesin Saja Lebih Praktis

Jurus terakhir perbaiki kipas angin jika masih belum bener, ganti mesin saja. Daripada lilit ulang kumparan motor listrik kipas angin yang terbakar, zaman sekarang lebih praktis ganti mesin saja. Di toko-toko elektronik banyak tersedia mesin kipas angin china yang cocok untuk mengganti mesin kipas angin merek-merek terkenal ditanah air seperti kipas angin miyako, kipas angin cosmos, kipas angin panasonic dan lain-lain.

Asalkan mesin kipas angin cocok di dudukan mesin lama, sudah pasti bisa dipergunakan untuk mengganti mesin kipas angin sebelumnya tang terbakar atau rusak.

Harga mesin kipas angin china relatif murah, dari pengalaman jika pemakaian normal dan perawatan cukup bisa bertahan lebih dari 1 tahun. Lumayan awet..

Mesin kipas angin china awet atua tidak


Cara Pasang Motor Kipas Angin Yang baru

Ketika membeli motor kipas angin yang baru, jangan malu untuk test motor dan tanyakan cara pasangnya ke pelayan toko. Test motor yang baru dibeli bisa berputar atau tidak, sekalian lihat dan tanya mana kabel untuk sumber dari pln dan mana kabel untuk pengatur kecepatan. Biasanya kabel sumber dari PLN adalah kabel warna hitam.

Diagram kabel motor listrik yang baru biasanya juga ada ditempel pada body motor litrik. Disana tertera warna kabel apa yang menjadi sumber untuk listrik pln.

Setelah tahu fungsi masing-masing kabel yang ada di motor litrik, kini saatnya merakit atau pasang kembali motor litrik yang baru ke dudukan kipas angin yang rusak. Saat penyambungan kabel yang perlu diperhatikan adalah penyambungan kabel dari sumber PLN ke kabel motor litrik yang berfungsi untuk sumber PLN, jangan sampai salah, kalau salah motor listrik yang baru bisa terbakar (biasanya warna hitam).


LihatTutupKomentar