Sekedar coretan sajah,

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.
Rangkaian kontrol pada kipas angin ini menggunakan IC utama SC8206.
skema kipas angin Miyako remot
skema IC SC8206 series

Dari skema rangkaian kipas angin Miyako remot secara sederhana terdiri dari 3 bagian yaitu power supply, IC utama dan triac.

Power supply
Output yang dihasilan oleh power supply harus sesuai dan stabil agar rangkaian berikutnya bisa bekerja secara normal ( SC8206).
skema power supply kipas angin Miyako
Skema power supply

IC utama SC8206
Merupakan otak dari sistem kontrol kipas angin Miyako tipe ini. Output-output pada IC utama digunakan untuk mengotrol triac apakah berfungsi on atau off

Triac
Fungsi triac ibarat saklar pada kipas angin biasa. Triac bisa berfungsi sebagai saklar on atau off sesuai data yang diterima dari IC utama.

Kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin remot adalah pada sistem kontrol. Sering terjadi karena output power supply yang sudah tidak normal atau stabil. Sehingga data yang dikeluarkan oleh IC utama error. Gejala kerusakan pada kipas angin susah untuk di hidupkan,kadang bisa berputar kadang tidak. Bisa berputar tapi tidak lama mati lagi. Jika swing di on kipas mati. Jika di on hanya muncul bunyi “bip” tapi kipas tidak berputar.

Jika mengalami kerusakan miyako remot seperti tadi coba cek bagian power supply (lihat skema) terutama untuk kapasitor 1,2 uF / 400 v dan Resistor 200k (biasa diseri 100 k). Kalau Resistor masih bagus ganti saja kapasitornya. Bisanya sich klo servis bagian itu langsung OK, kalau belum mesti gerilya lagi.
servis kipas angin miyako remot2
servis kipas angin miyako remot3

Dibanding kipas angin biasa kipas angin remot lebih komplek jika terjadi kerusakan. Tapi soal kemudahan dan praktis dalam pengoiperasian kipas angin remot tentunya lebih unggul. Pilihan terletak pada anda.


Selamat ngoprek !
119 Komentar untuk "Servis Kipas Angin Miyako Remot"

makasih infonya Gan...
Sangat bermaanfat nih, soal keluaran daya kipas angin ini butuh brp watt? Baik dr standby, speed1,2,3, magic swing :)

thanks gan dah mampir..
setahu ane dia pake daya sekitar 50 watt, Untuk kondisi standby saya kira kecil angka pastinya saya tidak tahu. munkin ada orang miyako yang mau nambahin untuk kondisi lainnya...

gan saya mau tanya klo kipasnya ga mau swing knapa ya? thx

cb siboz cek triac untuk kontrol motor swing, cek juga motor buatt swingnya berputar apa ngak,, cb aja di bypass ngak lewt triac..

gan klo motor/dinamo kipasnya mati ... bisa digulung ulang atau kita beli 1 set ya...??

dua-duana bisa gan.. klo digulung lebih murah, tapi agak lama, klo beli satu set harus persis sama agar tidak banyak modifikasi ketika pemasangan...

klo skema remotnya mana om ...?

Persis banget ama penyakit kipas angin ane ( merk n tipe sama ), klo dinyalaiin swingnya ga lama kipas anginnya mati, klo gitu yang diganti apanya aja gan? Trus harga komponennya brapaan ya?

coba si boz ganti dl kapasitor yang besar yg mirip permen..(seperti gambar diatas plg bawah)..harganya kira2 10 rebuan

saya mau tanya bang. kipas ane (miyako + remot) skarang mati total. tapi gejala awalnya perlahan2 mutar hingga akhirnya ga mutar lagi. kondisi fuse masih bagus, n kalo di nyalain tombol swingnya masih beroperasi. kira2 komponen apanya yang rusak yah ?

Gejalanya hampir sama yg punya saya...cb ikutin langkah2 diatas aja, biasanya kapasitor yang gede bermasalah,..

salam gan..saya punya kipas angin remot merk MISTRAL..kerusakannya.berputar sebentar terus mati lagi..saya sudah ganti kapasitor masih sama..kira2 apanya ya gan? terima kasih

skemanya mirip yang diatas ngak boz?...R 200 k cb di cek

Mau nanya kipas angin saya Persis punya aba diatas miyako tjr 101. swing nya nyala. tapi kipas anginya gak mau muter padahal tombol speed dan lain2 nyala semua.

rusak apanya ya? saya coba bongkar sendiri tapi dibelakang kipas ada motor penggerak swing dan kotak hitam. apa mungkin yang warna hitam itu yang rusak ya? kira2 harganya berapa ya?
trims

klo kotak hitam itu kapasitor motor, klo kapasitor itu lemah atawa rusak motor ngak bisa berputar sendiri harus dibantu putar, dan bunyi dengung di motornya. harga 20 rebuan. Udah coba cara saya diatas belum? kayaknya kasusnya mirip. klo kipasnya belum lama jarang rusak kapasitor motornya


Salam kenal gan ,ane mau nanya gimana cara mengetes kapasitor ato resistor ( cara mengukur apa masih bagus ato tidak dengan alat ukur multi tester)

gimna cara mengetahui kapasitor masi bagus ato sudah rusak dengan alat tes

gimana caranya mengetahui akapsitor masi bagus atau rusak dengan alat tes

Untuk Resitor bro harus tau dulu simbol warna, terus atur posis x1-1k ohm, klo kapasitor ngak bs diukur sama tester biasa hrus tester khusus...

Gan klo mau cari aisi power Dm 781208 IF dimana yg ada jual sperpat untuk kipas angin remot jujur sayang banget klo harus dibikin manual....
Gmn cara mengAkalinny bisa gak di kanibal klo g ada Alat tersebut.
makasih

itu ic power kipas angin remot merek apa yach? coba beli online, klo mau kanibal cari skema ic tersebut agar cari persamaanya lebih mudah, mungkin dibawah ada yang mo nambahin..

azhar juliansyah hidayat
delete

Gan mau nanya nih,dimana ya cari ic sc 8206 atau klo gak mau cari satu pcb,kipas saya kebakar tuh,mau dibikin manual sayang bgt,makasih gan

coba di servis centernya miyako: http://miyako.co.id/service/

Makasih byk infonya gan. Kebetulan mslhnya sama dgn kipas saya. Setlah di ganti kapasitornya langsung oke.

terima kasih infonya:)
kalau service kipas berapa ya harganya?, karena saya tidak mengerti mesin.

Asmlkm mas, Saya punya kipas tersebut.
Permasalahan yang saya miliki entah sama atau tidak saya kurang paham.

"Pada dasarnya ini kipas kalo dinyalakan baik dari remote ataupun manual, hanya lampu indikator saja yang menyala".

Kalau menurut mas itu permasalahannya di man yah? mohon masukannya atau sejenisnya.

Maksih sebelumnya.

trim udah berkunjung... kasusnya sama dengan yang saya alami, coba aja ganti dulu kapasitornya..klo ngak salah cum 5 rebuan

Asmlkm mas, menyambung jawaban nih.
Untuk KAPASITOR(saya beli Rp.3 rb) sudah saya ganti, namun tetap saja. Lalu resistor yang ada di bawah kapasitor juga sudah saya ganti. Untuk kelanjutannya ini berarti kerusakan ada di mana ya mas? Makasih loh.

Omong2 yang bahas masalah TJR-101 cuma blog mas Aba doang soalnya. Bukan tidak mau di service, ingin belajar utak atik aja mas. hehhee.////

lanjutin lagi utakiatiknya mas, skr kita pake tester, coba cek tegangan output power supply (lihat skema). cek output dari kaki IC yang mengarah ke input triac (triac di lepas dulu)ketika remot atau tombol panel di tekan misal tombol on, kalau jarum bergerak (pilih dc) berarti ic bekerja mentriger triac.. dari sini kita sudah bisa analisa apakah bagian IC, triac atau motor listriknya. untuk motor listrik tes cepatnya sambunginnya aja secara manual, klo motor berputar berarti masalah di kontrol elektroniknya...btw klo pas utak atik nemu jurus baru buat kipas angin ini boelh dong mas di tempel disini

sebelumnya makasih mas aba, boro2 jurus atau ilmu baru, ini saya nekat aja utak atik dengan ilmu dasar yang nol, sambil raba - raba aja (bukan raba perempuan yah) kan ada mbah google. hehe....
saya tadinya mau tes yang sambungin langsung secara manual motor listriknya, cuma saya gak tau kabel mana dan mana yang di sambungin. hehehe, mohon pencerahan. sorry menyibukkan mas abba.

warna kabelnya sama ngak yach? klo sama warna ,kabel hitam yang 2 buah untuk motor swing, 4 kabel yang terbungkus untuk motor (hitam, putih, kuning merah). biru dan coklat dari colokan pln. lepas semua kabel dari pcb, tulis aja klo takut lupa atau di photo. he..he yang merah sambung sama biru, dan yang warna hitam, putih, kuning (kecepatan motor) sambungkan ke kabel warna coklat dari pln tapi salah satu, jangan ketiga-tiganya...ati-ati ksetrum ya, bungkus pake isolasi kabel yang terbuka.kalau di manual tidak berputar coba ganti kapasitor yang di motor.. SELAMAT MENCOBA ATI2 KESETRUM, RESIKO SAYA NGAK TANGGUNG YACH...

jiahhh... mudah2an sama, hehehe.

Baik informasi saya terima, tapi mengenai RESIKO SAYA NGAK TANGGUNG YACH becanda kan?,hehee . Pada dasarnya itu sambungan standar SOP kelistrikan kan?

menuju barang bukti dan kita olah TKP. MAksih Mas ABa.

Mas untuk sambungan langsung sudah saya coba, ternyta motornya tidak bermsalah. Berarti permsalahan ada di rangkaian elektroniknya yah? kira2 apanya yah? soalnya KApasitor dan resistor yang mas sudah tampilkan di atas sudah saya ganti. hehe... makasih mas.

berarti udah ketahuan masalhnya di rangkaian kontrolnya, klo mau bergerilya kudu punya tester dulu (atw pinjem tetangga), pelajari skema diatas, tahu cara cek zener, triac, resistor, elco, cek tegangan. (cari di mbh google aja)..jangan takut klo bongkar barang milik sendiri he..he..atai2 aj ke setrum klo pas tes komponen cabut dulu dan lepas colokan ke pln..

mas aba, ternyata waktu kabel kemaren saya coba sambung secara manual, ternyata putaran motor terbalik (gak merhatiin lagi). hahaha...
Akhirnya Nekat aja saya pasang tuh rangkaian kontrol di kipas saya yg lain, bim salabim ternyata Rangkontrol berhasil menyala.
jadi bingung sendiri, daripada bingung ya sudah sya pasang permanen di kipas tersebut tuh rangkontrol.

TQ mas.... atas waktunya. kalo ada info saya tempel deh. hehehe..

Note : Kapasitor sudah diganti sih.

Dapet servisan kipas angin remot gejala kipas dinyalain cuma muter bentar trus mati disertai dengung di mesin kipas dan lampu control ngak nyala saya kira masalah di dinamonya sya cek dan baypas langsung ternyata mesin kipas OKE,, brti masalahnya pada sistem controlnya saya kira ICnya yang kena (HS8206BA4) mau di cari dmna,, setelah baca postingan diatas coba ganti pemain Capasitor (112J/400V) ternyata langsung MAAKYUS nyala,,, MAKASIH mas atas PENCERAHANNYA sangat membantu

Mas aba, nglihat gb kipasnya kayake sama deh dg punyaku, tp kasusnya adlh ada bangkai cicak(hewan) yg nempel di pcb yg lapis hijau bagian dudukan led sama cap 105J 400v
setelah di on kan semua lampu led indktr nyala, swing juga bisa bahkan bisa geleng2, tp kipasnya gak mau muter... kira2 apanya ya mas... trims
note: belum ada satupun komponen yg diganti, saya hanya bersihin bangkainya itu sama cleaner semprot

mas aba.. tolongin dong..
kipas sya kalo d tkan tombol on nyala berfungsi smua tpi begitu tombolny d lepas langsung mati..
mhon pencerahanny..

Nice inpo nih :) kebetulan kipas angin ane sama nih kmaren baru mati juga awalnya muter baling2nya agak lambat jadi harus pake gigi 3 dulu baru mau muter nah skng malah gak mau muter ane coba bersihin pas besi baling2nya pake wd bisa muter lagi tuh kipas cuma skrng kalo kipasnya kalo dinyalain swingnya suka mati sendiri tuh kipasn, kira2 kasusnya sama gak nih bos? thanks :)

Gan klo remot kipas miyako ada gk ya trus klo pke remot cadangan apa merk nx. makasih

Gan klo remot kipas miyako ada gk ya trus klo pke remot cadangan apa merk nx. makasih

Gan klo remot kipas miyako ada gk ya trus klo pke remot cadangan apa merk nx. makasih

Mantap bos,Berhasil setelah saya ganti Capacitor 105J400V. langsung JozZ...

kebetula kasusnya sama boz..

Akhirx nemu juga solusi kipas ane dr Juragan Aba, sklian nnya Gan, klo misalkan yg dganti kpasitornya, harus sm yak jmlh tegangan dan kapasitansix? soalx toko komponen dilokasi ane lagi pada ksong Kapasitor 400V105Jnya..

Harus sama gan terutama nilai kapasitannya, klo susah yang mendekati juga boleh asal jangan terlalu jauh saja...klo voltage nilainya lebih ngak apa2

gan.. kipas angin saya mrk miyako sm persis pd gbr diatas, kenapa ya tombol remot control nya tdk dpt berfungsi sm sekali....? pdhl ditombol pd kipasnya smua normal berfungsi gak ada masalah kipas angin bisa brputar normal.....?

agan kudu cek remot dan receivernya. Cara mudah cek remot bisa dengan hp berkamera, caranya tekan salah satu tombol di remot terus lihat dengan kamera di hp led yang ada diremot,klo ada cahaya terang = oke, klo redup atau mati cb ganti lednya, klo receivernya bisa di ce,k lewat tester, bisa baca disini http://coretanaba.blogspot.com/2010/01/tips-memperbaiki-remot-tv.html

Siang pak, mohon solusinya. kalau punya saya ini putaran, speed normal tapi swingnya ga berfungsi. setelah saya cek motor sincronusnya dengan melepas tuas dan tombol swing saya hidupkan ternyata motor berputar. tapi kalau tuas dipasang swing beberapa derajat terus terhenti, sepertinya sudah kaya keberatan untuk melakukan swing. apa motornya sudah lemah apa bagaimana ya pak?

Terima kasih tipsnya, coz kipas angin saya sama dengan punya anda, kipas angin remot

Pak saya mau buat kipas miyako ini untuk menempel di dinding. Tapi besi buat ke dindingnya hilang. Ada solusi untuk saya Pak ?

Terima kasih.

Tulisan yang menarik dan amat membantu, bang saya baru mau coba ganti kapasitornya...semoga tidak sulit membeli kapasitornya di kota jogja ....
semoga berhasil, karena saya sudah baca komen2 , dan sepertinya kasus mirip...semua tombol berfungsi dengan baik, dan masih menyala (beep) ketika di on kan...

maturnuwun

Mas kipas miyako saya juga gk bener......klo d nyalakan speed 1 bisa,tp begitu 2atau 3 lngsung mati,juga kalo d tekan tombol swing,langsung mati,jd yg berfungsi cm tombol on speed 1 aja....yg lain cuma bunyi bep,langsung mati....kira2 apanya ya mas....?

Mau tanya mas, kipas angin saya merek miyako ada remotenya, jika dalam kondisi off wingnya tetap hidup kekanan dan ke kiri, kalo kondisi on wingnya ngga bisa diberhentikan baik lewat tombolnya maupun lewat remote, kira2 gimana cara perbaikinya ya mas, terima kasih

mau nanya mas kipas ku merk maspion yg pake remot...kalo dicolok listrik langsung muter dan g bisa dimatiin semua tombol g berfungsi kira2 yg rusak apanya ya,,,trim

Ganti Transistor yang bermasalah Gan.
Di antara T1 - T3.
Mana yang selalu muter.

klu yang rusak remotnya cara servisnya gimana gan

mas,,mau tanya.sya pnya kpas angin remot merk matsunichi,setlah tak boangakr,,trnyta resistor n trasistor nya kbkar n pecah,,,sya cri ditoko g ada yag sma ukuranya?gmn untuk mengakalinya???mhnbantuanya trims

ic utamnya masih ada?, coba search digoogle tipe skema IC utama, biasanya termasuk semua rangkaian penunjang lainnya, klo skema ketemu baru bisa dilihat tipe komponen yang pecah dan terbakar, atau dibikin manual kipas anginnya, tidak menggunakan sistem kontrol remot

maksh mas,,udah sya buat manual hasilnya sukses,heheh.krna drpda bingung cri komponen triac mac97a6 yg kbkar gak nemu2 dah kemana2,,g da yg jual.smbil cri nnti klo ketemu cb dpasng remot lg,,heheh, stu lg mas,,mau tanya klo udh tak buat manual maslahnya swingnya gmn mas?g pke swing g enak,,bs g dibuat manual jg?mhn bntuanya lgii,,trmksh bnyak

maksh mas,,udah sya buat manual hasilnya sukses,heheh.krna drpda bingung cri komponen triac mac97a6 yg kbkar gak nemu2 dah kemana2,,g da yg jual.smbil cri nnti klo ketemu cb dpasng remot lg,,heheh, stu lg mas,,mau tanya klo udh tak buat manual maslahnya swingnya gmn mas?g pke swing g enak,,bs g dibuat manual jg?mhn bntuanya lgii,,trmksh bnyak

biasanya swingnya pakai motor terpisah dan menggunakan motor 220 v, urut saja kabelnya tinggal konek ke kabel power listrik, ati2 takut motornya bukan 220 v, nanti meledak

mkshh,,bgt pak,,udh sya cb,,alhsil ,,bs ternta,,lgsung ke pln 220v,,,akhirnya bs geleng2 lg,,mhn mf pak ,,punya fb,,sya pengen bnyak tanya2,msalah elektro. klo pnya mhn tinggalin nma fbya pak,trmksh

Makasih ya mas bro moga sukses dan selalu bervagi ulmu

Ganti aj gan transistor triacnya yg ad dimodul yg langsung menuju ke dinamo swingny.

This comment has been removed by the author. - Hapus

Gan.. Kl fungsi T1 T2 T3 & T4 itu ntuk pin ap aj ya gan ?

Gan.. Kl fungsi T1 T2 T3 & T4 itu ntuk pin ap aj ya gan ?

Gan.. Kl fungsi T1 T2 T3 & T4 itu ntuk pin ap aj ya gan ?

Gan.. Kl fungsi T1 T2 T3 & T4 itu ntuk pin ap aj ya gan ?

Gan.. Kl fungsi T1 T2 T3 & T4 itu ntuk pin ap aj ya gan ?

Gan... Klo membuang timer kipas angin tjr.. Spya tidak fungsi timer'a.. Yg msti di cabut IC apa nya gan.
Mksih.

Gan... Klo membuang timer kipas angin tjr.. Spya tidak fungsi timer'a.. Yg msti di cabut IC apa nya gan.
Mksih.

kalau rangkaian skemanya seprti diatas hanya pake satu IC saja..coba saja lepas jalur pin no 4 (kalau type ic sama)..pin no 4 output untuk timer

Gan... kipas saya bgitu di colok ke sumber tegangan langsung berputar kencang. trus di matiin pd tmbol offnya ngk berfungsi.. Mhon solusinya........

klo pakai remote bisa gan?
klo bisa mungkin tombol buttonnya kotor atau rusak

Maaf mau tanya saya punya kipas miyako pakai remote sm spt foto mslhnya jika speed 1atwpun 2 tidak muter jika speed 3 bs muter tp hrs dibantu putar manual pakai tangan...mohon solusi n pencerahaannya trims gan

coba ganti kapasitor yang nempel di belakang motornya, buka tutup belakang motor, harganya sekitar 10 rbuan..seprtinya ngak kuat starting

Problem yg sama dg kipas angin saya, Miyako KAW1689RC. Setelah ganti kapasitor kipas angin bekerja normal. Terimakasih.

Malam om mau nanya problem kipas angin miyako remot, kipas waktu dinyalain normal tp pas swing dinyalain lampu akan redup trus remot tak berfungsi lg mohon pencerahanya trimakasih

Winenlose merupakan agen bola judi yang sangat terpercaya Dan Demi Kenyamanan Para Bettor Kami Menyiapkan Berbagai Bonus.
Ayo Gabung Sekarang Juga Di Agen Kami .

Berikut Bonus yang kami berikan bila bergabung dengan kami
- 20% untuk member baru SBOBET, IBCBET dan ASIA77
- Kemenangan 5% dari deposit
- Rollingan 0.7% setiap Minggu
- Cashback 5% - 10%
- 10% untuk member baru 338A, 1S CASINO, ASIA8BET
- Bonus deposit awal 30% TANGKASNET99
- Bonus Untuk Poker 2%

Note : Jangan Sampai Pilih Agen ,Hanya Winenlose Yang Menjadi Agen Kepercayaan Para Bettor Mania.Gabung Sekarang juga hanya di http://198.50.183.104/agen-judi

AGEN JUDI | AGEN BOLA | AGEN SBOBET | WINENLOSE
http://198.50.183.104/
http://198.50.183.104/asia77
http://198.50.183.104/ibcbet-online
http://198.50.183.104/sbobet-online
http://198.50.183.104/judi-online
http://198.50.183.104/casino-online
http://198.50.183.104/promo
http://198.50.183.104/category/prediksi-bola
http://198.50.183.104/agen-judi

Nitip Link Ya kak ,makasi banyak
Agen Sbobet
Agen Judi
Agen Bola
Baccarat Online
Casino Online
Agen Asia77
Agen IBCBET ONLINE
Agen SBOBET ONLINE
Agen JUDI ONLINE
Agen CASINO ONLINE
Agen Bonus Sbobet
Prediksi Bola

Ah sya gg ngerti bahasanya.
Yang jelas punya saya masih mao geleng'' tapi kipasnya kaga muter.
kira'' apanya tuh..
Product persis, sama pada gambar di atas

Oyah, Terimakasih sebelum'nya mass.

Gan kipas remot merk kris,,,posisi tidak mau off,padahal sudah di posisikan off,,,mohon pencerahannya om

gan salam sejahtera dan sukses selalu.,,mohon pencerahannya mas Aba, kipas angin remote merk arashi dinamo dimanual lancar,tapi diclok coknya dan dionkan secara manual lampu dipanel remote tak hidup dan remote tak berfungsi alhasil kipasnya tak bisa di pergunakan tolong dan mohon pencerahannya ms

asalam muaalaikum Gan,maaf Gan InI mohn pencerahan nya,elcow dipanel remotenya sdh diganti dan resistor dan dioda ziner dicek bagus,jd bingung jg Gan ,soalnya modal nekad doang untunang ada blocnya SIABA, apa IC 8206 nya mau di ganti aja Gan Aba,sblm nya trima kasih ya Gan Aba.wassalam

sory gan baru reply, skemanya emang persis sperti yang punya miyako diatas? coba cek fuse? output dari power supply dapetnya berapa?

kayaknya persis sama diatas kasusnya..coba ganti capasitornya

mat malam gan fusenya sdh diganti dng yg baru gan dan dirumah tak ada pakai power supply gan jd kira2,apa nya ya gan Siaba apa IC mnya tdk bermasalah gan,sekali lg mohon pencerahannya gan sblmnya trima kasih

powersupply yg dimaksud seprti rangkaian diatas, agan bisa search juga di google data sheet sc8206, ic ini akan bekerja normal jika dapat arus yang sesuai dari power supply, agan butuh tester untuk cek, jangan dulu ganti IC kalau belum cek blok power supply, btw capasitor yang gede sperti diats sudh diganti belum?

siang gan Siaba maaf ya gan hbs kitanya lg belajar blm tahu hanya kira2 dan tkt jg kesetrum.gan Siaba dipanel remotenya tak pakai btw capacitornya tp yg ada,digunakan elkow 470uf 16v dua buah gan dan yg ini sdh diganti baru keduanya dan zioda zyner nya bgs gan .dan ada zioda 470 2bh jg dan fuse jg jd stlh keempat jenis ini diganti,br dites cokkan ke pln eh hampir kesetrum hasilnya tak mau hidup jg gan mohon pencerahannya skl lg sblmnya trima kasih gan Siaba.

mat sore gan Siaba waduh maaf gan kirai power supply pln....,dimerk ini enngak ada btw capacitornya gan, tp itu lah sblmnya fusenya ter bkr dan kmdian diganti begitu jg dngn elcow 470uf 16v 2buah zioda 470 yg htm dan zyoda zinernya jg di ganti tetapi dicokkan ke pln tak mau hidup jg gan, jdnya bingung sendiri gan blm lg takut kesetrum,setelah melihat gmbr diatas dan ket nya dikirai IC nya mau diganti krn no serinya sama tetapi blm sempat ganti krn komponen yg mau di beli didaerah ku tak ada maaf tny dulu gan klu kita beli di service center miyako sama enngak ic nya,jd tak enak ini gan mau mohon pencerahan nya,harap dimaklumi ya gan,sebelumnya kuucapkan trima kasih gan Siaba

asallam mualaikum mat malam gan Aba,waduh maaf gan kirai power supply rumah u pln harap dimaklum ya gan baru belajar,ganm klu dipanel remote arashi dia enggak ada btw capacitor awalnya tak mau hidup kemudian coba saya buka hitung2 tak ada ruginya belajar asal enggak kesetrum aja,setelah dibuka kelihatan fusenya putus atau terbkr kemudian sok pintarlah jd saya ganti zioda 470 yg htm dan elkow 470uf 16v 2bh dan zioda ziner setelah itu saya cok lah kirai meledak eh tak apa2,ku coba tekan on offnya e tak ada reaksi sampai di sini bingung juga dan hmpir putus asa ,aduh gimana ini !ah coba buka komputer nah nampak setasiunnya aba nah timbullah harapanbeginilah gan jadi tak enak jg soalnya mau minta pencerahan dr Aba lg sblmnya trima kasih gan Aba wasallam semoga tempat mangkalnya tmbh semarak

sepertinya schemanya power supplynya berbeda, kalau beli IC dimana aja sama yang terpenting nomer serialnyanya harus sama. Sebelum ganti IC baru pastikan dulu tegangan yang dihasilkan dari power supply sudah ok. Hati-hati ke setrum

memastikan komponen elektronik tidak cukup hanya visual saja harus dicek dengan alat tester. Kerusakan akibat komponen yang terbakar bisa jadi merembet ke komponen yang lainnya. coba cek komponen disekitarnya. kalau di photo mungkin lebih bagus kipas ngin yang rusaknya, biar temen-temen bisa ikut bantu

mat malam gan. iya juga gan klu difoto bagus kali jd bisa hilang stresnya dari kemarin memang sdh diniatkan tapi sayang,karena saya tak mengerti caranya,giman caranya masukkan gmbr ditempat Aba. bisa tolong imfokan caranya gan,tolong deh sblmnya trima kasih banyak gan Aba,

upload aja ke photobucket / google drive terus linknya copy disini

mat mlm gan Aba harap bisa dimaklumi karena saya tdk tahu pasti bisa,klu mengenai komp aku bingung alias buta sama sekali,moga2 berhsl sblmnya trima kasih gan Aba http://s1380.photobucket.com/user/Asiong_Lautama/media/Foto0736_zps0y5rssvz.jpg.html

http://s1380.photobucket.com/user/Asiong_Lautama/media/Foto0737_zpsqluapcye.jpg.html

oh iya gan Aba kemarin ada saya coba kabel panel dicokkan ke pln dan saya coba tes pakai tes pen, semua hidup lampu tes pennya tetapi resistor mrh-mrh-kning-emas sampai batu 4 segi 5w dan sampai ke skring lampu di tes pen tak hidup.dan resistor ini diukur dng avo meter jarumnya gerak dikit aja mohon pencerahan nya ya gan Aba harap dimaklumi dan jngan bosan atas permohonan sibodoh ini,sblmnya trima kasih gan Aba

mat mlm Aba,gimana apa gmbrnya sdh dpt,

Gan... numpang nanya nih....

Kipas ane merk Miyako, yang bisa diatur tinggi, dan gak pake remote. Beberapa bulan yang lalu kipas gak muter, cuma berdecit & berdengung saja... lalu saya iseng utak-utik, saya cek dalemannya masih bagus, gak ada yang kebakar & kapasitornya pun gak buncit. Trus ane ambil kesimpulan kalau yg bermasalah ada pada sisi bearing/laher yg nempel di as/poros. Kemudian ane congkel penutup bearing/laher tsb, ane copot bearing/laher-nya, ane cuci itu bearing/laher pake sabun trus dikeringkan dan kemudian ane lumuri bearing/laher tsb dengan minyak goreng.

Trus ane pasang lagi itu bearing/laher dengan posisi kebalikan dari sebelumnya, yang tadinya bearing/laher bagian depan (yg udah mulai keliatan aus, gepeng ke dalem dikit) diposisikan ke belakang, sedangkan yg bearing/laher bagian belakang (yg belum aus) ane pasang di posisi depan. Trus setelah dicoba, kipas muter kembali seperti "baru".

Namun baru2 ini kipas gak muter lagi.... sial, ane langsung prediksi ini pasti gara2 bearing/laher-nya aus lagi... apalagi, anak ane khan suka iseng mainin kipas, jadi terakhir di baling2nya banyak serabut kain/benang yg melilit poros/as pada baling2nya.

Berarti... bearing/laher-nya sudah aus depan-belakang, mesti diganti.
Lalu ane ubek2 toko-toko reparasi elektronik, gak ada yg ngejual itu bearing/laher... rata2 jual sekaligus sama dinamo/mesinnya (termasuk as, laher, dsb). Yah, terpaksa deh ane beli mesin kipas yg baru, apalagi harganya gak mahal2 amet sih, cuma Rp60ribu.

Waktu itu yg ane pikir, "ah cuma nyambung kabel doang mah gampang... tinggal dicocokin/disamakan saja warna kabelnya".... Eh, begitu sampai di rumah, begitu saya gunting kabel kipas Miyako saya tersebut yg konek ke mesin, warna kabel2nya beda dengan warna kabel mesin kipas yg dijual eceran di pasaran.Warna kabel yg sama cuma warna Merah & Biru doang. Sisanya, ane sambungin kabel warna hitam dengan abu-abu & kabel warna putih dengan kuning (ane pikir begitu, soalnya warnanya khan "mirip" & gak beda jauh, hihihi).

Akhirnya kipas dinyalakan.....

* Untuk tombol kipas yg paling pelan (tombol 1), kipas muter pelan sekali... itupun bisa muter pas baling2nya ane kanibalin pake kipas bekas yg lebih kecil.

* Untuk tombol kipas lainnya (tombol 2 & 3), baling2 kok justru muter berlawanan arah dari arah normalnya, sehingga anginnya ke belakang (bukan ke depan), dan muternya lebih lambat. Dan kalau kelamaan, tercium bau kebakaran & mesin cepat panas.

Jadi sementara, kipas Miyako ane cuma bisa dinyalain di tombol yg paling pelan (tombol 1), hehehehe.... pusing daaaahhhh

Prediksi ane sementara, ini pasti gara2 salah sambungin warna kabel. Jadi ane mohon petunjuk nih Agan Aba dkk..... yg pernah ngalamin, kasih tau dong kisi2nya. Thanks :)

salah nyambungin kabel gan. cb sm agan liat di dinamo biasanya ada kertas nempel, itu skemanya. cara kedua pake tester, yang ohmnya gede no 1, sedang no 2, paling kecil no3, lambat,sedang, kenceng

saya sudah liat gambarnya, maaf agak telat, sepertinya skemanya sama/mirip dengan skema power supply miyako diatas, cb cek resitor kotak dengan tester nyambung ngak gan..seprtinya listrik belum masuk tuch ke rangkaian poer supply

mat malam Gan Aba salam sejahtera dan semoga sehat alwafiat selalu,tak apa2 Gan biar telat maupun lambat yg penting Gan Aba enggak bosan membimbing saya,yg namanya belajar kan harus sabar gan,maksud Aba resistor petak yg dekat diantara Ic dan bulatan sensor ya gan yg warna hijau itu ya Gan,sudah diukur tp tak dicopot dan hasilnya jarum ampernya tak naik,klu memang itu sumbernya terpaksalah bsk di kelari soalnya sdh malam,sblmnya terima kasih banyak ya Gan,mudah2an enggak meledak ya Gan,ha ha ha,eh jngn marah ya Gan hny guyon klu tdk stresnya tak mau pergi. gan mau tny ini kbtlan ada kipas angin meja yg sdh bau gosong jadi saya coba gulung ulang sblmnya saya bongkar dan dihitung jg, utama dan starternya jmlh 1042 putar sampai disini empat bingung krn utma dan starter bsr spullnya sama yaitu 0,15mm,biasakan utama bsr starter kcl,lbr keren 7cm x 7cm dan tebalnya 1,3cm. jd kucb kerjai jg dng modal nekad,namanya belajar klu tak gagal takkan ngrti kan gan,jd saya coba dng spull 0,15 jg utama 1042ptr dan starter jd 3 bagian 200ptr ,241 dan 600ptr,setlh selesai kipaspun dihdpkan dan hslnya kipas hidup dngn kecepatan sesuai harapan hasilnya namun dihidupkan selama 4jam kerennya panas dan klu djcium kerennya sprti mau terbkr spulnya ih ngerilah gan,apakah ini bisa dikatakan berhsl Gan,krn ada niat saya mau buka kios gulung dynamo gan,kan boleh ya Gan ,nimbah ilmu sambil cari uang drpd nganggur mudah2an dng duduk sambil utak atik mana tahu ada hasilnya, untuk yg berkali2 mohon pencerahannya Gan Aba seblm saya ucapkan bnyk terima kasih ya Gan Aba. semoga blognya tambh ramai and sukses .

maksud saya bukan yang itu..cb perhatikan skema power supply diatas, setela fuse kalau tidak salah ada resistor putih (di photo letaknya dibelakang pcb) cb di cek putus atau tidak, dan cek juga semua komponen yang terkait power supply, setelah dicek tidak ada yang putus atau bermasalah, selanjutnya lepas ic, coba cek tegangan DC yang dihasilkan dari power supply, lihat skema power supply dan skema IC diatas, kalau dilepas IC tegangan output power supply ok, kemungkinan besar IC rusak dan bikin short output power supply...semoga berhasil... kalau asiong bisa menggunakan tester dan tahu cara cek komponen elektronik, saya yakin kipas angin ini bisa berputar lagi dengan remote he..he..., kalau menggulung lilitan saya belum pernah, malas menghitungnya, biasanya kalau kipas angin terbakar lilitan saya ganti satu set motornya lebih cepat dan praktis, mungkin kalau soal lilitan ada pengunjung lain yang bisa menjawab...selamat mencoba dan semoga berhasil

mat malam Gan Aba, iya maaf ya gan ,salah ngartikan.sdh coba ditester memang resistor batunya tak naik rupanya soderannya kendor,kemudian ku soder dan kucoba cok ke pln,ih ngeri jg kesetrum dan kutekan onnya dan timernya eh hslnya tak ada respon dan lampu tak ada yg hidup jd bingung lg, penasaran ku ambil tes pen dan dites semua hdp lamp tes pen kecuali sampai di resistor yg m[m[k[emas hny sebelah yg hdp dan sblh lg tdk lewat atau tes pen tak hdp, aduh tester hny th aja tp tak bgt ngerti Gan , klu ngukur atau cek teganga power supply gimana Gan Aba? dan jrmnya harus nunjuk brp ? apa hrs dlm keadaan dicok? klu memang bgt ngeri ini hrs extra hati2! mohon petunjuknya Gan Aba seblmnya terma kasih banyak ya Gan Aba

cek resitor batunya harus dilepas dari pcb, di body resistor tertera ukurannya berapa? kemudian cek pakai multi tester sama atau tidak seperti yang tertera.. untuk cek tegangan harus cok pln, SAYA TIDAK SARANKAN KALAU ANDA BELUM BISA MENGGUNAKAN MULTI TESTER, resikonya ke setrum, asiong klo punya bb atau wa biar diskusi lebih mudah?

mat malam lg gan Aba apa di kabar ,sehat kan.gan Aba mau nanya lg itu resistornya yg merah{merah{kuning{emas berapa ya nilainya,apakah yg ini sumbernya krn saya ada lihat panel yg lain kok wrn merah{putih{hitam{emas dan yg ini brp nilainya Gan Aba. krn sebelumnya resistor yg diatas itu di dabel dng capasitor 1uf saya sangsi klu resistor tsb sdh ditukar sebelumnya maaf ya Gan Aba dan terima kasih.

MMKE = 220K MPHE= 29 Ohm buka ini http://www.dannyg.com/examples/res2/resistor.htm kalau lihat skema diatas harusnya yang 220K di paralel dengan capasitor 1,2 UF /400 v fungsinya untuk menurunkan tegangan PLN, kemudian sama dioda dan elco disearahkan jadu arus DC, sama dioda zener dan resistor berikutnya tegangan DC diturunkan lagi hingga jadi sekitar 5Volt, tegangan 5 Volt ini sebagai powersupply IC, coba lihat lagi dan pelajari skema diatas, Kalau 5 voltnya sudah dapat baru dicek ICnya bermasalh atau tidak, baca lagi artikel diatas, semoga berhasil...

mat mlm Gan Aba,alhamdulila akhirnya berhasil Gan,emang Gan Aba yg paling mantap,saya tambhkan capasitornya dan maknyus hidup dan berfungsi serta enggak kesetrum, krn yg disaran mencari tegangan 5 v itu enggk diukur gan, habis aku tak tahu gan yg mana mau diukur, oh iya Gan apa remotenya dpt di beli dan lain merk bisa jg? hbs yg punya kipas katanya remotenya tak ada atau hilang,dipenghujung kata saya kan banyak2 terima kasih Gan Aba atas kesabaran Aba membimbing saya sekali lg terima kasih Gan Aba. semoga di lain waktu Gan Aba mau membantu lg,dan semoga blognya selalu ramai.

Wuih Mantaps!..selamat gan asiong akhirnya berhasil, senang membantu anda semoga usahanya tambah laris dan maju, kalau remote logikanya selama kipas anginnya menggunakan IC sc8206 pasti cocok/sama, tapi mesti dicoba dulu, saat beli bilang saja sama yang jual kalau tidak cocok dibalikin lagi he..he...

Back To Top