-->

CARA SERVIS REMOTE TV SONY RUSAK TIDAK BERFUNGSI

Di artikel sebelumnya siaba pernah memposting tentang kerusakan remote TV, disini. Dipostingan kali ini juga membahas tentang persoalan seputar remote tv. Remote TV yang biasa dipergunakan kini rusak tidak berfungsi untuk mengontrol TV LED Sony Bravia model KLV 32R402A. Batterai sudah diganti baru masih tetap tidak berfungsi. Sepertinya remote rusak karena sering jatuh atau dilempar anak-anak kalau rebutan chanel TV.

Penampakan remote sering jatuh

Seperti biasa, sebelum ganti dengan membeli remote baru yang ori atau remote universal di oprek dulu barangkali masih bisa diperbaiki. Syukur-syukur diperbaiki jadi betul lagi dan itu yang diharapkan, kalau tidak baru beli yang baru. Remote TV Sony liha-lihat di toko online terkenal yang ori itu sampai 200 ribuan dan yang KW hanya 70 ribuan. Lumayan juga ya
 

Cek harga remote TV sony di shopee

Daleman remote TV sony ini sama saja sama remote-remote TV lain. Tidak ada komponen banyak hanya komponen smd seperti IC, resistor dan kapasitor ditambah led infra merah.


Perhatian tertuju sama solderan kaki-kaki IC, terlihat beberapa solderan kaki ic seperti karatan dan berjamur. Dan terlihat solderan seperti retak, mungkin karena sering jatuh. Solder ulang kaki-kaki IC tadi setelah sebelumnya diberishkan biar timah solder menempel dengan baik. Biar mudah saat menyolder pergunakan timah dengan ukuran kecil.


Setelah penyolderan selesai, cek solderan takut ada yang nempel ke kaki-kaki sebelahnya untuk mencegah IC short. Setelah yakin solderan bagus baru dilakukan tes.

Alhamdulillah, tidak jadi beli remote yang baru, remote bisa berfungsi normal lagi. Tadinya kalau solder ulang pada kaki-kaki ic tidak berhasil, mau ganti led infra merahnya. Ternyata kerusakan remote TV Sony ini hanya pada solderan kaki-kaki IC remotenya.







LihatTutupKomentar