-->

Tips memperbaiki remot TV


Remot TV dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengontrol TV kesayangan. Dengan remot pengontrolan bisa dilakukan dari jarak jauh. Remot TV memancarkan signal infra merah yang beisi data-data digital kemudian diterima oleh TV melalui sensor penerima signal infra merah. Data-data yang dikirim oleh remot digunakan oleh IC program sebagai input data untuk melakukan kontrol.

Maka ketika salah satu tombol di remot di tekan akan terjadi perubahan pada TV. Kontrol TV melalui remot berfungsi dengan baik jika pemancar (remote) dan penerima (tv) dalam kondisi baik. Jika salah satu tidak berfungsi maka kontrol tidak bisa dilakukan.

Berikut ini kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada remot TV
1. Salah satu tombol tidak berfungsi
2. Semua tombol tidak berfungsi/remot mati

Untuk kasus kerusakan no 1 salah satunya terjadi akibat keypad remot dan board pcb terhalang oleh kotoran. Untuk mengatasinya bersihkan pcb remot. Pembersihan bisa dilakukan dengan penghapus pensil atau cairan khusus. Dalam proses pembersihan hati-hati jangan sampai memutuskan jalur-jalur rangkaian dalam pcb.

Jika setelah dibersihkan tombol masih tidak berfungsi, kemungkinan jalur-jalur rangkaian menuju tombol tersebut ada yang putus.

Untuk kasus kerusakan no 2 (kondisi TV OK) bisa terjadi karena baterai sudah lemah atau komponen remot ada yang rusak atau lemah . Langkah pertama adalah ganti baterai dengan yang baru. Periksa solderan-solderan terminal baterai. Solder ulang jika ada yang kendor/lepas.

Jika masih tidak berfungsi kemungkinannya komponen dalam remot ada yang rusak/lemah. Kasus yang sering terjadi biasanya lemah/rusak led pemancar infra merah. Untuk mengecek kondisi led infra merah remot bisa dilakukan dengan menggunakan handphone yang berkamera. Caranya sebagai berikut:
aktifkan kamera dalam hp, kemudian arahkan remot ke kamera hp. Tekan salah satu tombol di remote. Jika terlihat sinar/cahaya terang di led infra merah remot berarti kondisi led remot masih bagus. Sebaliknya jika cahaya redup/padam bisa dipastikan kondisi led sudah rusak atau lemah. Ganti led infra merah remot dengan yang baru. Dipasaran harganya sekitar 5 ribuan.

Jika tips-tips tadi masih belum berhasil gunakan tips pamungkas yaitu tips "lembiru". Lempar beli yang baru. Ketika beli remot pengganti kodenya harus sama dengan kode atau serial yang tertera di remot yang lama. Kalau tidak sama biasanya ada beberapa tombol yang tidak aktif. Jadi kalau beli remot pengganti harus sama merek TV-nya dan kode/serialnya.

Bos juga bisa menggunakan remot TV universal buatan cina yang harganya sekitar 25 ribuan jika tidak menemukan remot aslinya. Remot TV universal bisa digunakan untuk berbagai merek TV. Bos tinggal memasukan kode tiga digit berbeda untuk tiap merek TV. Biasanya ketika beli remot universal sudah termasuk buku panduan cara menggunakannya. Kelemahan remot universal ini kadang suka error setinggannya jika disimpan dekat Hp. Jadi harus seting ulang lagi.

Selamat membongkar remot, hati-hati jangan sampai terluka (pas buka casing), kalau ke strum sih ngak bakalan soalnya power supply remot cuma 3 V dc.




LihatTutupKomentar