-->

Tips Agar Speaker Corong Zh-5025B Lebih Awet

Speaker corong atau horn speaker toa banyak dipergunakan di gedung-gedung, perkantoran mushoal, masjid dan lain-lain. Spekar corong biasa dipergunakan untuk pengeras suara diluar atau outdoor.

Toa mengeluarkan dua tipe horn speaker 25 Watt yaitu model high impedancy (ZH-5025BM) dan model low impedancy (Zh-5025BM). Cara pemasangan dua jenis speaker corong tadi pada amplifier berbeda. 

Untuk speaker low impedancy dipasang pada port com dan 4 Ohm pada amplifier. Sedangkan model Zh-5025BM dipasang pada port com dan 100V. 


Pemasangan speaker pada amplifier yang salah bisa menyebabakan kerusakan pada amplifier dan speakernya.

Tip Agar Speaker Corong ZH-5025B Tahan Lama

Salah satu trik agar speaker corong zh-5025B (Low impedancy) awet dan tahan lama yaitu dengan monitoring tegangan output pada amplifier.

Seperti yang diketahui kemampuan horn zh-5025B bisa dialiri tegangang yaitu sebesar 20 Volt Ac. Jika speaker sering dialiri tegangan lebih dari 20 volt, bear kemungkinan akan cepat jebol.

Bagaimana cara mengetahui tegangan output pada amplifier? pasang volt ac meter range 30 Volt pada amplifier. Pasang secara paralel dengan sepaker di com dan 4 ohm. Kemudian atur volume, maksimal jarun volt ac meter menjukan angka 20.

Agar speaker corong awet pasang volt meter


Dengan membatasi tegang out pada amplifier sesuai dengan tegangan maksimum speaker, secara teori bisa memperpanjang usia speaker corong.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan speaker corong cepat rusak. Trik diatas merupakan salah satu upaya agar speaker menjadi lebih awet. 

Semoga bermanfaat..
LihatTutupKomentar