Skip to main content

Sharing Internet With SmoothWall Express 3.0

Sharing internet di Smoothwall cukup praktis menurut saya, seting bisa di lakukan via web. Default alamatnya di https://(ip addres smootwall):441. Ditempat saya koneksi internet secara dedicated ke sebuah ISP.Jadi untuk melakukan sharing internet saya menggunakan dua LAN Card. Satu di pasang IP lokal dan satunya lagi untuk IP Public yang diberikan oleh ISP.Biasanya ISP memberikan IP Address, IP Gateway dan DNS

Konfigurasi IP di lakukan ketika proses instalasi. Untuk melakukan pengecekan IP coba lakukan ping ke IP lokal maupun ke IP public. Untuk IP public coba ping aja ke yahoo atau google. Jika bisa reply berarti konfigurasi IP sudah sukses.
selanjutnya kita akan setting sharing internet Smootwall via web. Ketik di address browser misal https://192.168.1.1:441. Akan muncul display login isi username dan password. Sesuai dengan yang anda isi ketika proses intalasi.
Selanjutnya masuk ke menu Networking pilih Outgoingpilih Add Always allowed machine isi IP addres komputer lokal yang diberi izin untuk ke internet lewat Smoothwall, ceklist enable (untuk memblokir unceklist)selanjutnya Save. Sampai tahap sini, sebuah pc client bisa berinternet ria. Selanjutnya setting network di client. Isi IP addres Lokal sekeluarga dengan IP Lokal Smoohtwall, DNS sama dengan yang di Smoothwall dan gateway di arahkan ke IP lokal Smoothwall. Untuk tes koneksi ping ke ip lokal Smoothwall, jika reply berarti koneksi ke gateway sukses, selanjutnya ping ke internet (yahoo/google). Silahkan di coba ! untuk setting fasilitas lain di Smoothwall
insyaallah posting berikutnya, klo ada waktu he..he.ehe

Comments

  1. thx infonya... langsung ke TKP buat donlot

    ReplyDelete
  2. makasih infonya, sekarang dikantro dah pake router pake smoothwall meskipun dijalanin di Vmware, semoga amal anda dibalas setimpal

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Melatih Anak Berpuasa

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Disable Boot Manager Di Win 7

Boot Manager di Win 7 akan muncul jika terdapat lebih dari satu OS yang terinstal. Atau ketika instal ulang Win 7 tapi tidak di format habis, akan muncul pilihan boot Win 7 yang baru dan Win 7 yang lama. Untuk menghilangkan tampilan Boot Manager ketika proses booting bisa dilakukan lewat Msconfig.

Untuk membuka Msconfig ketik msconfig dikotak "search program & file".
Setelah jendela msconfig tampil, pilih menu boot.Pilih Boot entry yang tidak diinginkan.Delet Untuk boot entry yang sedang digunakan bertuliskan :current OS. Hati-hati jangan sampai salah delet. Setelah hanya ada satu pilihan pada Boot entry lakukan restart untuk melihat hasil.

Boot Manager tidak akan tampil jika hanya terdapat satu option Boot entry.