-->

Cara Pasang Kapasitor Dinamo Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

 

Kapasitor dinamo pengering mesin cuci 2 tabung

Dinamo pada mesin cuci bertugas untuk menghasilkan putaran yang diperlukan untuk menjalankan mesin cuci. Salah satu komponen penting dalam dinamo adalah kapasitor. Kapasitor ini bertugas untuk membantu dinamo mencapai putaran maksimum dengan cepat dan mempertahankan putaran tersebut secara stabil. 
 
Jika kapasitor tidak bekerja dengan baik, maka mesin cuci akan mengalami beberapa masalah seperti tidak berputar, bergetar, dan berisik.
 
Kerusakan bagian pengering mesin cuci 2 tabung dengan ciri-ciri dinamo atau motor listrik tidak berputar bisa disebabkan karena dinamo rusak, timer rusak, switch/saklar pengaman tutup pengering atau kapasitor yang jebol.
 
 

Cara melakukan pengecekan bagian pengering mesin cuci 2 tabung

 
Oleh karena itu untuk memastikannya dibutuhkan alat multitester untuk melakukan pengecekan. Jika kelistrikan tidak masalah berarti kabel, timer dan switch masih oke.
 
Selanjutnya lakukan pengecekan pada dinamo atau motor listrik dibagian pengering. Dinamo pengering biasanya memiliki tiga kabel. Dinamo yang masih bagus jika dicek setiap kabel saling terhubung dengan nilai resistansi tertentu.
 
Jika salah satu kabel tidak terhubung berarti ada spull atau gulungan yang putus bisa dipastikan dinamo rusak. Atau jika ketiga kabel masih terhubung tapi ada salah satu kabel yang nilai resistansi kecil sekali, ini juga pertanda dinamo rusak, karena salah satu spull ada yang short. Spull yang short biasanya ditandai dengan putaran dinamo yang lemah dan body motor sangat panas.  
 
Kerusakan pada kapasitor juga bisa menyebabkan dinamo tidak bisa berputar. kadang untuk kasus tertentu dinamo bisa berputar kalau dibantu putar sama tangan. 
 
Jadi sebelum kita mengganti kapasitor dengan yang baru pastikan dinamo dan sistem kelistrikan sudah dicek dan hasilnya bagus. Baru bisa kita pastikan kapasitor yang mengalami kerusakan. Karena kapasitor mesin cuci jika dicek dengan multitester biasa kurang akurat. 

Ketika membeli kapasitor pastikan mempunyai nilai yang sama. Untuk pengering mesin cuci 2 tabung biasanya menggunakan kapasitor antara 5-6 uF. Untuk meyakinkan bisa cek tulisan yang tertera pada body kapasitor sebelumnya.

Kalau anda mengganti dinamo pengering yang baru, nilai kapasitor yang dipergunakan biasanya tertera di body dinamo atau tanyakan ke seller nilai kapasitor yang dipergunakan.

Di psotingan kali ini mimin share cara memasang atau mengganti kapasitor dinamo mesin cuci yang rusak hanya bagian kapasitor saja.

Klik disini harga kapasitor mesin cuci bagian pengering

Langkah 1: Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Pastikan juga kapasitor yang Anda beli memiliki spesifikasi yang sesuai dengan mesin cuci Anda.

Langkah 2: Matikan Mesin Cuci dan Cabut Kabel Listrik

Sebelum melakukan pemasangan, pastikan mesin cuci dalam keadaan mati dan cabut kabel listrik dari stopkontak.

Langkah 3: Mencari Lokasi Kapasitor

Kapasitor pada mesin cuci biasanya terletak di bagian belakang mesin cuci. Namun, lokasi kapasitor bisa berbeda-beda tergantung jenis dan merk mesin cuci.

Langkah 4: Lepaskan Kapasitor Lama

Setelah menemukan lokasi kapasitor, lepaskan kabel penghubung yang terhubung pada kapasitor lama. Gunakan tang jika diperlukan. Kapsitor bawaan biasanya digabung antara kapasitor dinamo pengering dan kapasitor dinamo pencuci.
 
Kapasitor bawaan memiliki 4 kabel dengan rincian 2 kabel untuk dinamo pengering dan 2 kabel untuk dinamo pencuci. Nilai kapasitor dinamo pencuci lebih besar yaitu antara 10-12 uF. 

Di body kapasitor biasanya tertera penjelasan warna kabel yang dipergunakan, jadi lepaskan kabel-kabel untuk kapasitor dinamo pengering saja.

Langkah 5: Pasang Kapasitor Baru

Sambungkan kabel kapasitor baru pada kabel kapasitor lama yang kita putus. Pastikan kabel penghubung terpasang dengan baik dan tidak ada yang kendor dan di isolasi. Sebelum meisn cuci kita tes pastikan pemasangan sudah benar, bila perlu baca skema kabel kelistrikan mesin cuci yang tertera di body mesin cuci.

Langkah 6: Uji Coba Mesin Cuci

Setelah memasang kapasitor baru, sambungkan kembali kabel listrik dan nyalakan mesin cuci untuk menguji apakah kapasitor berfungsi dengan baik atau tidak. Jika mesin cuci berputar dengan baik, berarti pemasangan kapasitor sudah berhasil dilakukan.
 
Memasang kapasitor dinamo mesin cuci tidaklah sulit. Namun, jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya minta bantuan tukang servis mesin cuci yang berpengalaman. Pastikan Anda selalu berhati-hati saat melakukan perbaikan pada mesin cuci, ati-ati kesetrum.
LihatTutupKomentar