Skip to main content

Block Situs dengan URLfilter

Urlfilter adalah add ons untuk Smoothwall. Sesuai dengan namanya URLfilter berfungsi untuk memfilter situs -situs / url yang tidak diinginkan dalam berinternet-ria. URLfilter cukup mudah dalam penggunaan atau konfigurasinya. Walaupun URLfilter punya linux, semua konfigurasi sudah berbasis grafik (GUI). Untuk melakukan konfigurasi tinggal centang sana centang sini, ngak perlu command-command di mode text.

Mantapnya lagi software ini gratis bos!! alias freeware, linux g2 loh.... Bos bisa download sepuasnya disini untuk Smoothwall 3. Untuk menginstall URLfilter di Smoothwall dibutuhkan software-software tambahan. Software tambahan ini hanya untuk memudahkan dalam proses install URLfilter ke Smoothwall. Software tambahan itu adalah winscp (software berbasis windows untuk memudahkan dalam upload file ke smoothwall), Putty (untuk koneksi via mode text ke smoothwall).

Setelah software-software tadi berhasil disedot dengan baik (check sum) langkah selanjutnya install URLfilter ke Smoothwall.

Asumsinya Smoothwall telah terinstall dengan baik plus telah diupdate dan client sudah bisa internetan.

Langkah Pertamax
Pindahkan file URLfilter ke PC Smoothwall dengan winscp. Untuk koneksi Winscp ke Smoothwall biasanya menggunakan port 222. Sekalian extrak file URLfilter setelah berada di smootwall dengan winscp.Tinggal klik kanan aja....

Langkah kaduana
Masuk ke Smoothwall dengan Putty lewat port 222 (biasanya /tergantung setting di smoothwall). Masuk ke direktory dimana URLfilter diextrak. Ketik "./install" (tanpa tanda petik)untuk menginstall URLfilter. Setelah selesai restart Smoothwall..

Langkah ketiga
ngopi dulu sambil nunggu smoothwall restart he..he..

Setelah abis kopinya cek hasil install tadi dengan login via web ke Smoothwall. Kalau menu URlfilter nongol di Smoothwall berarti install sukses. Tepuk tangan dunk...



Untuk setting URLfilter bisa dicoba sendiri dan selamat menikmati keluahan dari client he..he...

Comments

  1. Khusus buat server yah? kirain cocok buat anak yang sering browsing sehingga tidak mengakses situ2 yg aneh

    ReplyDelete
  2. cara konfigurasi smoothwall dund gimnana .... ?

    ReplyDelete
  3. @nury malmsteen konfig apanya nih..tutorial di websitenya udah di obok-obok belum? met ngoprek smoothwall...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Melatih Anak Berpuasa

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Disable Boot Manager Di Win 7

Boot Manager di Win 7 akan muncul jika terdapat lebih dari satu OS yang terinstal. Atau ketika instal ulang Win 7 tapi tidak di format habis, akan muncul pilihan boot Win 7 yang baru dan Win 7 yang lama. Untuk menghilangkan tampilan Boot Manager ketika proses booting bisa dilakukan lewat Msconfig.

Untuk membuka Msconfig ketik msconfig dikotak "search program & file".
Setelah jendela msconfig tampil, pilih menu boot.Pilih Boot entry yang tidak diinginkan.Delet Untuk boot entry yang sedang digunakan bertuliskan :current OS. Hati-hati jangan sampai salah delet. Setelah hanya ada satu pilihan pada Boot entry lakukan restart untuk melihat hasil.

Boot Manager tidak akan tampil jika hanya terdapat satu option Boot entry.