Skip to main content

Install Puppy Linux with Windows XP

Dapat warisan CPU dari my bos iseng-iseng install dua OS. Satu Linux dan satunya lagi windows. Linuxnya menggunakan Puppydan windowsnya XP. Pertama harddisk dipartisi tiga, satu untuk data dan duanya untuk OS. Supaya cepat partisinya menggunakan Puppy, menu-system-Gparted. Partisi dengan Puppy cukup mudah dan tanpa harus restart lagi. Untuk Puppy siapkan partisi ext2 dan XP tentunya ntfs. Untuk data supaya gampang dibaca oleh kedua OS tersebut menggunakan fat32

Setelah partisi siap langkah pertama install Puppy terlebih dahulu. isntall Puppy lewat live cdnya. Kemudian atur grubnya di mbr. Langkah kedua adalah install windowsnya. Windows XP di install di partisi ntfs. Setelah itu reboot PC.

Ketika PC reboot grub di mbr tertimpa oleh mbr nya XP sehingga hanya windows XP yang running. Supaya grub muncul dan ada option untuk pilihan OS, reboot PC dan masukan kembali live cd puppy. Boot PC lewat live cd Puppy.

Selanjutnya install grub kembali di mbr, menu-system-grub. Reboot PC setelah selesai . Boot PC lewat harddisk, jika grub berhasil di install akan muncul option pilihan OS yang akan digunakan.


Comments

  1. Assalamualaikum..

    Kakak....
    Gimana ngatur boot-nya
    kalo aku punya 2 HDD
    yang master buat XP SP2
    yang Slave-nya Puppy 4.30

    Q mau-nya bootnya kalo milih lewat BIOS ja..
    mau HDD-1 (langsung boot ke XP/ tanpa lewat grub)
    ato HDD-2 (lewat Grub lalu masuk Puppy)

    Q taruh Grubnya di MBR slave (Puppy)
    cz Q takut ntar XP-nya rusak

    Pas di boot lewat HDD-1..berhasil..langsung masuk XP
    Trus q ganti boot prior-nya ke HDD-2..bener masuk grub..tapi error-nya
    kurang lebih "unable to mount..bla3x.."


    Maaf kayak curhat jadinya...
    Tolong bimbingannya..

    Wassalamualaikum..

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.

    buat bagus..sepertinya grubnya bermasalah, coba edit atau install lagi, klo mau gampang dibalik aja masternya puppy (intall lagi grubnya di mbr), slavenya xp.

    met mencoba

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Melatih Anak Berpuasa

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Disable Boot Manager Di Win 7

Boot Manager di Win 7 akan muncul jika terdapat lebih dari satu OS yang terinstal. Atau ketika instal ulang Win 7 tapi tidak di format habis, akan muncul pilihan boot Win 7 yang baru dan Win 7 yang lama. Untuk menghilangkan tampilan Boot Manager ketika proses booting bisa dilakukan lewat Msconfig.

Untuk membuka Msconfig ketik msconfig dikotak "search program & file".
Setelah jendela msconfig tampil, pilih menu boot.Pilih Boot entry yang tidak diinginkan.Delet Untuk boot entry yang sedang digunakan bertuliskan :current OS. Hati-hati jangan sampai salah delet. Setelah hanya ada satu pilihan pada Boot entry lakukan restart untuk melihat hasil.

Boot Manager tidak akan tampil jika hanya terdapat satu option Boot entry.