-->

USB port bermasalah di win xp

Pernah mengalami kejadian aneh dengan USB port? USB port jika dimasukan flash disk, Harddisk external atau peripheral lainnya tidak ada respon alias tidak mendeteksi hardware. Padahal sebelumnya USB port tidak bermasalah

Kemungkinan masalah ini bisa disebabkan oleh virus, driver bermasalah atau listrik. Kemungkinan oleh virus bisa diatasi dengan melakukan update antivirus. Setelah update lakukan scan all system. Kemungkinan kedua oleh driver yang bermasalah. Ketika flashdisk baru dimasukan ke port USB, driver automatic install sendiri. Ketika proses sedang berlangsung kemudian terjadi crash maka install tidak sempurna. Hal ini bisa menyebabkan flashdisk sebagai unknown device. Untuk masalah ini solusi adalah unistall unknown device, instal ulang driver atau update service pack windows.

Kemungkinan ketiga oleh listrik, device USB adalah perangkat yang rawan terhadap perubahan arus listrik dan gangguan listrik statik. Jika terjadi kebocoran arus listrik device ini akan bermasalah.Mengatasi masalah ini lepas kabel power listrik yang terhubung ke pln. Baik dari monitor atau CPU. Kemudian pasang kabel di casing CPU untuk grounding ke tanah. Nyalakan kembali komputer lihat hasilnya. Biasanya kalau disebabkan oleh listrik masalah seperti ini bisa diatasi.




LihatTutupKomentar