-->

Baling-baling Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berputar

 Kerusakan mesin cuci 2 tabung pada bagian pencuci bisa bermacam-macam. Salah satu diantaranya adalah baling-baling atau pulsator yang tidak berputar.
 
Penyebab mengapa baling-baling mesin cuci 2 tabung tidak berputar bisa bermacam-macam. Pulsator atau baling-baling sendiri jarang rusak. Kerusakan baling baling yang perlu penggantian seperti ulir gerigi yang sudah aus atau ada bagian yang belah atau pecah. 

Baling-baling mesin cuci tidak berputar



Kalau beli baling-baling  mesin cuci 2 tabung yang perlu diperhatikan adalah diameter pulsator dan jumlah gerigi untuk as gerabox. Klik disini info harga pulsator
 
 

3 Penyebab Baling-baling Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berputar 

Baling-baling mesin cuci yang tidak berputar ada dua jenis yaitu baling-baling tidak berputar saat dikasih beban banyak tapi bisa berputar saat beban sedikit atau kosong.
 
Dan yang kedua baling-baling sama sekali tidak berputar baik ada beban atau pun tidak, sama sekali tidak berputar.

1. Vanbelt Mesin Cuci Sudah Aus atau Longgar

Vanbelt pada mesin cuci 2 tabung berfungsi sebagai penghubung putaran antara motor mesin cuci dengan gearbox. Jika vanbelt sudah kendor atau aus maka daya putar yang disalukan ke gearbox lemah.

Akibatnya ketika mesin cuci dipergunakan untuk mencuci cucian yang banyak pulsator tidak berputar. Untuk memastikan vanbelt sudah aus atau kendor silahkan buka tutup belakang mesin cuci. Coba perhatikan kondisi vanbelt saat motor berputar.

Vanbelt yang sudah aus atau kendor menyebabkan pulsator tidak berputar saat dikasib beban cucian. Jika akan ganti vanbelt baru harus cocok diameternya agar tidak terlalu kencang atau kendor. 
 
Kalau tulisan pada vanbelt masih ada cocokan saja tulisannya kalau sudah tidak bawa vanbelt bekas, ukur secara manual diameternya. Klik disini info harga vanbelt mesin cuci 2 tabung

2. Gearbox rusak

Gejala kerusakan gearbox mirip dengan kerusakan pada vanbelt, pulsator tidak berputar saat dikasih beban cucian yang banyak atau masih berputar tapi jadi pelan. 

Jika mesin cuci 2 tabung mengalami kerusakan seperti ini kemungkinan ada masalah pada gearbox. Ganti gearbox dengan yang baru. Saat membeli gearbox yang baru pastikan diameter pully, diameter as dan jumlah gerigi harus sama. Klik disini info harga gearbox mesin cuci 2 tabung

Sebelum memastikan bahwa gearbox rusak penyebabnya, pastikan kondisi vanbelt dan motor/dinamo mesin cuci dalam kondisi baik. 
 

3. Motor Listrik Rusak

Jika motor listrik/dinamo pencuci tidk berputar bisa dipastikan pulsator pun tidak berputar. Motor listrik tidak berputar bisa disebabkan oleh spul yang terbakar, kapasitor rusak atau switch timer rusak.

Untuk memastikan kerusakan pada bagian motor listrik diperlukan alat bantu alat ukur tester atau minimal tes pen.

Motor listrik bisa berputar normal kalau mendapat arus atau tegangan listrik. Arus listrik yang masuk ke motor listrik dikontrol oleh switch timer. Oleh karena itu pengecekan dimulai dari switch timer ini.

Cara mudah untuk mengetahu timer msih bagus atau tidak yaitu dengan mengecek input dan outputnya. Jika input ada tegangan dan dioutput tidak ada tegangan, berarti timer rusak. 

Jika timer tidak masalah pengecekan selanjutnya adalah pada kapasitor. Untuk mengetahi secara pasti kapasitor rusak atau tidak diperlukan alat tester khusus. 

Secara visual kapasitor yang rusak akan terlihat kembung, bocor, bau sangit pada bodinya. Jika melihat tanda-tanda seperti itu bisa dipastikan kapasitor sudah rusak. Saat akan mengganti kapasitor pastikan ukurannya sesuai, bisanya bagian pencuci mengunakan ukuran kapasitor 10-12 Uf..

Jika kapasitor sudah diganti namun motor listrik masih tidak bisa berputar bisa dipastikan motor bermasalah. Biasanya ada spul yang terbakar atau putus, secara visual spul yang terbakar akan terlihat gosong.

Motor yang rusak bisa diperbaiki dengan mengganti spul yaitu dengan lilit ulang. Atau juga ganti motor listrik yang baru. Jika ganti motor listrik yang baru pastikan dudukannya sama dan ukuran diameter as sama. Klik disini dinamo mesin cuci spul tembaga
 
Demikian beberapa hal yang menyebabkan pulsatyor atau baling-baling mesin cuci tidak berputar. Untuk kerusakan yang membutuhkan pengecekan kelistrikan agar lebih mudah sebaiknya anda baca wiring diagram mesin cuci yang akan diperbaiki. 
 
Biasanya ditempel pada bagian belakang mesin cuci. Semoga bermanfaat...
LihatTutupKomentar