-->

Servis Sendiri Rice Cooker Panasonic SR-CEZ18 Nasi Cepat Kering

 Kerusakan pada rice cooker bisa bermacam-macam mulai dari mati total, nasi cepat basi, nannsi basah, nasi cepat kering dan lain-lain. Jika anda mengalami problem nasi cepat kering pada rice cooker Panasonic SR-CEZ18 silahkan lajut membaca artikel sampai selesai.

Di postingan kali ini coretanaba berbagi informasi bagaimana cara meperbaiki atau mengatasi masalah nasi cepat kering pada rice cooker. Khususnya pada rice cooker panasonic seri SR-CEZ18, tapi secara umum bisa jadi solusinya sama buat rice cooker merek lain.

Spek Rice Cooker Panasonic SR-CEZ18

Rice Cooker Panasonic SR-CEZ18 Nasi Cepat Kering

 
 Sama seperti merek lain rice cooker ini mempunyai 3 fungsi yaitu untuk memasak nasi, menghangatkan nasi dan mengukus. Seri rice cooker tipe ini memiliki kapasitas 1,8 Liter. Berikut ini spesfikasi rice cooker Panasonic SR-CEZ18.
  • Fitur dilengkapi teflon anti lengket
  • mempunyai fungsi 3 in 1 yaitu memasak, menghangatkan dan mengukus
  • Kapasitas 1,8 Liter
  • Daya listrik yang dikonsumsi 400 watt
  • Sistem kontrol manual belum digital

Cara Mengatasi Nasi Cepat Kering Pada Rice Cooker 

Servis atau perbaiakan rice cooker yang memiliki masalah nasi cepat kering relatif mudah. Bisa dilakukan sendiri tanpa harus dibawa ke tukang servis, kalau anda punya jiwa ngoprek.
 
 
Nasi menjadi cepat kering disebabkan karena panas yang berlebih pada rice cooker. Rice cooker yang terelalu panas saat nasi dalam kondisi menghangatkan membuat nasi menjadi lebih cepat kering.

Pada sistem heater penghangat rice cooker dikontrol oleh Thermostat. Cara kerja Thermostat pada penghangat secara mudah bisa dijelaskan sebagai berikut:
  • Thermostat akan berfungsi sebagai konduktor atau penghubung jika suhu pada rice cooker belum tercapai. Arus listrik mengalir pada heater penghangat.
  • Sebaliknya jika suhu sudah tercapai Thermostat bersifat isolator atau putus sehingga arus listrik tidak mengalir pada heater penghangat.
 Ukuran Thermostat pada rice cooker Panasonic SR-CEZ18 yaitu menggunakan suhu 78 derajat celcius.  Jika anda mengalami nasi cepat kering pada rice cooker, coba ganti Thermostatnya. 
 
thermostat penghangat

 
 
Biasanya thermostat yang bermasalah bisa menyebabkan nasi cepat kering. Klik disini info harga thermostat 78 derajat celcius.
 
Cara mengganti Thermostat  raltif mudah, anda harus bongkar atau lepas rice cooker dari dudukannya. Karena thermostat penghangat biasanya diletakan disamping rice cooker. Jangan lupa untuk diolesi pasta pendingin.
 
Selamat menyoba semoga bermanfaat.



LihatTutupKomentar