Skip to main content

Barcode & QR Code

Pernah menjumpai gambar-gambar berikut ini :

contoh barcode
A

Gambar A adalah gambar sebuah barcode atau kode batang. Gambar barcode ini bisa dibaca oleh alat khusus (scaner) atau smartphone yang sudah terinstal software untuk membaca barcode. Kalau kita lihat dengan indra penglihatan kode atau gambar ini tidak menjelaskan informasi apa pun. Lain hal jika dibaca dengan alat-alat tadi. Gambar yang berupa garis atau batang-batang ini berisi data informasi. Kode batang terdiri dari garis hitam dan putih. Ruang putih di antara garis-garis hitam adalah bagian dari kode. Ketebalan dan ketipisan garis melambangkan kode-kode tertentu. Garis paling tipis “1”, yang sedang “2”, yang lebih tebal “3”, dan yang paling tebal “4”.

B
Gambar B adalah gambar dari sebuah QRcode (Quick Respon code), merupakan pengembangan dari barcode. Kelebihan QRcode dibanding dengan barcode adalah dari kapasitas data yang bisa ditampilkan. QRcode dapat menginformasikan data lebih banyak dibandingkan barcode karena pengkodeannya bisa secara vertikal dan horisontal. QRcode bisa menampung data numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan bisa untuk huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Melalui QRcode kita bisa mengisi informasi misal nomor handphone, alamat website, harga dan lain-lain.

Dengan sistem pengkodean-pengkodean melalui gambar tadi data informasi yang akan disampaikan menjadi lebih cepat dan akurat.

 







Comments

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.

Servis Dan Cara Bongkar Setrika

“Setrika tidak panas”, ucapan yang mungkin pernah anda dengar ketika ibu, istri, kakak, adik atau si mbok ketika setrikanya rusak. “Coba colokin tempat lain” mungkin itu jawaban anda jika ditanya demikian “ kalau masih ngak panas berarti rusak, sudah ganti baru saja” (klo anda sedang tajir atau baru dapat bonus). Kalau lagi kere & bokek ngak ada salahnya kalau ngoprek servis setrika sendiri. Setrika Listrik (dulu ada setrika bukan listrik)tidak terlalu sulit untuk diservis atau perbaiki sendiri dan komponennya pun tidak mahal.

Seperti biasa tips siaba untuk melakukan servis atau perbaikan suatu alat elektronik harus mengetahui cara kerja alat tersebut. Setrika listrik terdiri dari komponen-komponen berikut :
Heater / pemanasPengatur panasFuse (untuk merek teretentu menggunakan)Lampu IndikatorKabel  colokan ke PLN
Berikut ini gambar skema setrika listrik yang sering dipakai dirumah.