-->

Clone CD atau DVD Di Windows 7

Cara mudah untuk clone atau copy sama persis Cd atau DVD di windows 7 salah satunya yaitu dengan menggunakan software tambahan. Nama Nero mungkin sudah tidak asing lagi sebagai software untuk burn, cloning dll ke keping Cd atau Dvd. Btw Nero bukan software gratis alias Free, dibutuhkan licensi untuk menginstall software ini di PC atau Laptop.

Solusinya adalah menggunakan software Free atau gratisan yang memiliki fitur mirip atau hampir sama dengan Nero. Beragam software free untuk bisa di donwload di internet. Ketik saja "burn cd/dvd free" di search engine misal Google. Tinggal dipilih tuch mana yang cocok sesuai keinginan.

ImgBurn, mungkin salah satu yang bisa dicoba. Software gratisan ini full free baik untuk personal atau komersil. Size juga relatif kecil sekitar 3,4 Mb untuk versi terbaru ketika artikel ini dibuat. Tampilan user friendly dan mudah untuk pengoperasian. ImgBurn bisa untuk melakukan write file image to disk, write file/folder to disk, creat image from disk & creat image from file/folder.

Untuk clone Cd atau Dvd di ImgBurn sedikit berbeda dibanding Nero. Kalau di Nero bisa langsung sedangkan kalau di ImgBurn harus dibuat file image (iso) terlebih dahulu. Setalah jadi file image baru di burn ke Cd atau Dvd dengan proses write image to disk, hasilnya Cd atau Dvd copy-an akan sama persis denga sourcenya, baik bootable atau autorun.

ImgBurn sebagai software gratisan memang layak untuk di instal. Namun sedikit kudu ati-ati pas instal jangan next-next aja. Kalau tidak selain ImgBurn pc atau laptop siBro akan terinstal software lain. Yang "sedikit" mengganggu. Biasanya software tadi nempel di browser dan merubah default search engine. Jangan pilih option express ketika instal.




LihatTutupKomentar