Skip to main content

Melatih Anak Berpuasa

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Contoh jika anak biasa berbuka siang hari secara bertahap ditingkatkan menjadi sore hari. Setelah sanggup sampai sore ditinggkatkan lagi hingga sampai maghrib. Untuk puasa yang bolong-bolong secara bertahap ditingkatkan agar bisa berpuasa penuh disesuaikan dengan tingkat usia anak.

Tips melatih puasa sikecil sejak dini
  • Sampaikan pemahaman tentang ibadah puasa melalui cerita-cerita ke agamaan. Misal tentang kisah-kisah nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Anak kecil lebih mudah menyerap jika disampaikan melalui cerita-cerita.
  • Rubah suasana rumah, lakukan perubahan-perubahan dirumah antara bulan puasa dengan bulan lainnya. Sehingga antusias anak terdorong untuk melakukan ibdah puasa.
  • Tegaskan kepada anak mengenai situasi di bulan ramadhan. Kebiasaan pagi hari tersedia makanan di meja untuk sarapan, dibulan puasa tidak disediakan. Jelaskan kepada anak kalau semua berpuasa dan tidak ada sarapan pagi.
  • Ajak anak untuk terlibat dalam ritual ibadah puasa. Anak dilibatkan dalam persiapan makanan untuk berbuka. Diajak sholat tarawih, sholat subuh berjamaah, tadarusan dll. 
Pembelajaran puasa sejak dini harus dilakukan secara bertahap agar anak berfikiran bahwa puasa itu tidak berat dan mereka bisa dengan senang hati melakukannya. Contoh yang paling baik adalah meniru orang tuanya. Jika orang tua berpuasa anak pasti akan mencontohnya.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.

Servis Dan Cara Bongkar Setrika

“Setrika tidak panas”, ucapan yang mungkin pernah anda dengar ketika ibu, istri, kakak, adik atau si mbok ketika setrikanya rusak. “Coba colokin tempat lain” mungkin itu jawaban anda jika ditanya demikian “ kalau masih ngak panas berarti rusak, sudah ganti baru saja” (klo anda sedang tajir atau baru dapat bonus). Kalau lagi kere & bokek ngak ada salahnya kalau ngoprek servis setrika sendiri. Setrika Listrik (dulu ada setrika bukan listrik)tidak terlalu sulit untuk diservis atau perbaiki sendiri dan komponennya pun tidak mahal.

Seperti biasa tips siaba untuk melakukan servis atau perbaikan suatu alat elektronik harus mengetahui cara kerja alat tersebut. Setrika listrik terdiri dari komponen-komponen berikut :
Heater / pemanasPengatur panasFuse (untuk merek teretentu menggunakan)Lampu IndikatorKabel  colokan ke PLN
Berikut ini gambar skema setrika listrik yang sering dipakai dirumah.