-->

Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Contoh jika anak biasa berbuka siang hari secara bertahap ditingkatkan menjadi sore hari. Setelah sanggup sampai sore ditinggkatkan lagi hingga sampai maghrib. Untuk puasa yang bolong-bolong secara bertahap ditingkatkan agar bisa berpuasa penuh disesuaikan dengan tingkat usia anak.

Tips melatih puasa sikecil sejak dini
  • Sampaikan pemahaman tentang ibadah puasa melalui cerita-cerita ke agamaan. Misal tentang kisah-kisah nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Anak kecil lebih mudah menyerap jika disampaikan melalui cerita-cerita.
  • Rubah suasana rumah, lakukan perubahan-perubahan dirumah antara bulan puasa dengan bulan lainnya. Sehingga antusias anak terdorong untuk melakukan ibdah puasa.
  • Tegaskan kepada anak mengenai situasi di bulan ramadhan. Kebiasaan pagi hari tersedia makanan di meja untuk sarapan, dibulan puasa tidak disediakan. Jelaskan kepada anak kalau semua berpuasa dan tidak ada sarapan pagi.
  • Ajak anak untuk terlibat dalam ritual ibadah puasa. Anak dilibatkan dalam persiapan makanan untuk berbuka. Diajak sholat tarawih, sholat subuh berjamaah, tadarusan dll. 
Pembelajaran puasa sejak dini harus dilakukan secara bertahap agar anak berfikiran bahwa puasa itu tidak berat dan mereka bisa dengan senang hati melakukannya. Contoh yang paling baik adalah meniru orang tuanya. Jika orang tua berpuasa anak pasti akan mencontohnya.

LihatTutupKomentar