Skip to main content

Servis Blender

Libur minggu kemarin ada yang minta dibenerin Blendernya. Tidak tanggung-tanggung 2 buah blender matot alias mati total dibawa ke rumah. Blender-blender ini biasa digunakan untuk membantu "mengolah" bumbu-bumbu dapur. Mereknya sih tidak terkenal dan ngak ada iklannya di TV. Tapi fungsi dan khasiatnya sama dengan merek-merek yang terkenal.

servis blender 2
servis blender 1 
Blender Semoga Awet
Dari "penampakan luar" Blender-blender ini sangat tidak terawat. Mungkin ini salah satu penyebab blender ini mati. Sisa-sisa bumbu berceceran dimana-mana. Untuk membongkar blender ini terlebih dahulu harus membuka sekrup-sekrup yang terletak di bagian bawah.
servis blender

Gambar diatas adalah penampakan  jeroan mesin blender. Cukup sederhana hanya terdiri dari dua bagian yaitu motor listrik dan bagian kontrol motor. Bagian kontrol terdiri dari tombol on/of dan pengatur kecepatan blender.

Kerusakan pada blender ini ternyata cukup ringan dan gampang. Coba perhatikan gambar diatas, digambar terlihat ada kabel warna hitam yang lepas. Kabel warna hitam ini seharusnya terhubung pada bagian kontrol. Kabel ini disolder pada kaki bagian katoda dioda (yang ada gelang putihnya) yang terdapat pada bagian kontrol. Pantes saja blender mati total karena tidak ada power (setrum) yang masuk akibat kabel warna hitam yang terlepas. Mengapa kabel ini bisa terlepas?

Menurut saya sih karena panas dan getaran. Ketika blender beroperasi timbul panas yang menyebabkan daya rekat timah berkurang, ditambah getaran blender yang kencang maka sedikit demi sedikit kabel ini terlepas. Untuk memperbaiki kerusakan blender seperti ini cukup sambungkan kembali kabel warna hitam yang terlepas tadi. Solder ulang, tapi kalau mau awet jangan disolder lagi, hubungkan dengan cara lain yang tahan panas dan tahan getaran.

Dan ternyata kerusakan blender yang kedua juga sama. Terlepasnya kabel hitam.

bagian dalam blender

Kenapa bisa sama yach...?

Kerusakan mati total dalam sebuah alat elektronik tidak selalu disebabkan oleh rusaknya komponen vital, hal-hal sepele pun bisa menyebabkan kerusakan atau mati totalnya sebuah alat elektronik.

Jangan pernah ragu dan takut untuk membongkar peralatan elektronik milik sendiri dengan catatan :
  • Hati-hati ke setrum, paham hal-hal yang membuat ke setrum
  • Barang mati total, hasil akhir jika dibongkar sendiri tidak berhasil / betul pun tidak berpengaruh ke barang karena memang sudah mati total. minimal jadi tahu 
  • Catat ketika membongkar, orang yang belum terbiasa membongkar alat / barang elektronik biasanya suka lupa ketika akan memasang kembali. misal, kabel merah masuk ke socket hijau dll. Jadi ketika lupa saat memasang kembali bisa lihat catatan. Jadi ngak ada istilah bisa bongkar ngak bisa pasang ..he..he
  • Harus sabar dan susana hati lagi enak, perasaan cukup besar pengaruhnya, salah-salah barang jadi tambah rusak karena dibanting akibat kesal ketika membongkar.. he..he..
 Semua keahlian bisa dipelajari asal ada kemauan....

Comments

  1. letek bener tuh blender hhe, wah tapi jago bisa benerin

    ReplyDelete
  2. bersih banget tuh blender

    ReplyDelete
  3. bersih banget tuh blender

    ReplyDelete
  4. mengapa ada blender ketika difungsikan keluar percikan api sekitan kumparan

    ReplyDelete
  5. kalau blender saya mudah panas, ketika di hidupkan sebentar lalu mati, jedah sebentar lalu di pencet hidup lagi kemudian mati lagi, begitu seterusnya, kenapa ya ?

    ReplyDelete
  6. kalau rusak itu mah,ga perlu gue nanya google,nih kabel masih bagus tapi kok kaga hidup

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Melatih Anak Berpuasa

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Disable Boot Manager Di Win 7

Boot Manager di Win 7 akan muncul jika terdapat lebih dari satu OS yang terinstal. Atau ketika instal ulang Win 7 tapi tidak di format habis, akan muncul pilihan boot Win 7 yang baru dan Win 7 yang lama. Untuk menghilangkan tampilan Boot Manager ketika proses booting bisa dilakukan lewat Msconfig.

Untuk membuka Msconfig ketik msconfig dikotak "search program & file".
Setelah jendela msconfig tampil, pilih menu boot.Pilih Boot entry yang tidak diinginkan.Delet Untuk boot entry yang sedang digunakan bertuliskan :current OS. Hati-hati jangan sampai salah delet. Setelah hanya ada satu pilihan pada Boot entry lakukan restart untuk melihat hasil.

Boot Manager tidak akan tampil jika hanya terdapat satu option Boot entry.