-->

Mengenal Hepatitis A

Hepatitis viral tipe A atau lebih dikenal dengan Hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang dan meyebabkan peradangan serta merusak sel-sel organ hati manusia. Penyakit Hepatitis A ringan jarang sekali yang berakibat fatal pada manusia. Penyakit ini ditularkan secara oral yaitu melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh kotoran atau tinja penderita Hepatitis A bukan melalui hubungan sexsual atau melalui darah.

Gejala-gejala penderita penyakit Hepatitis A adalah tubuh terasa lemas, demam,tidak nafsu makan, dan rasa tidak nyaman di perut.Selang beberapa hari kemudian muncul gejala kuning pada mata dan kulit penderita.Penyakit Hepatitis A memiliki masa inkubasi 2 sampai 6 minggu sejak penularan terjadi, barulah kemudian penderita menunjukkan beberapa tanda dan gejala terserang penyakit Hepatitis A.Masa Inkubasi tergantung pada jumlah partikel virus infektif yang dikonsumsi. Apabila partikel virus yang menginfeksi sangat sedikit, masa inkubasinya akan lebih lama.
Penanganan dan Pengobatan Hepatitis A
Penderita yang menunjukkan gejala hepatitis A seperti minggu pertama munculnya yang disebut penyakit kuning, letih dan sebagainya diatas, diharapkan untuk tidak banyak beraktivitas serta segera mengunjungi fasilitas pelayan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan dari gejala yang timbul seperti paracetamol sebagai penurun demam dan pusing, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan serta obat-obatan yang mengurangi rasa mual dan muntah.

Pencegahan Hepatitis A
Penyakit ini dapat dicegah dengan penanganan makanan secara higienis dan pemanasan makanan secara merata (di atas 80°C). Rajin cuci tangan secara teliti bisa mencegah sakit Hepatitis A.

Banyak infeksi HAV tidak menimbulkan penyakit, terutama pada anak-anak. Apabila timbul penyakit, biasanya ringan dan dapat sembuh dengan sempurna dalam waktu 1-2 minggu.
LihatTutupKomentar