Skip to main content

Cangkok flyback monitor dengan flyback tv


Libur minggu kemarin experimen nyoba cangkok flyback monitor dengan flyback tv. Bahan percobaan monitor Philips 17" dengan kerusakan gambar ridak fokus. Satu buah flyback TV Goldstar 20". Proses cangkok dilakukan seperti cara cangkok flyback monitor dengan flyback monitor lagi. Ternyata hasilnya adalah.....

Blank, Monitor tidak mengelurkan gambar sama sekali. Gelap gulita. Coba cek tegangan GI dan G2, hasilnya tidak ada tegangan sama sekali. Akibatnya monitor jadi gelap gulita. Lain halnya ketika cangkok flyback monitor vs flyback monitor, G1 dan G2 menghasilkan tegangan.

Kesimpulan sementara:
Cangkok flyback monitor tidak bisa dengan flyback tv. Konfigurasi jeroan flyback monitor dan flyback tv berbeda. Mungkin teknik cangkok flyback monitor vs flyback tv berbeda dengan cara cangkok flyback monitor vs monitor.

Experimen selesai...
Ada Yang mau nambahin ....

Comments

  1. Mantap tenan, ko bisa yag di cankok gitu :D

    ReplyDelete
  2. wah gak ngerti...

    tapi info menarik..

    ReplyDelete
  3. sory nih bang ane udah beberapa kali nyoba nyangkok dengan fbt monitor tapi gambar masih gelap gulita.

    ReplyDelete
  4. fbt cangkokannya masih ok ngak? kabel G1 dan G2 dari fbt sebelumnya dilepas dan diganti sama punya fbt cangkokan? kaki2 fbt cangkokan sudah di konek ke ground? kabel HV kedua fbt sudah gabung dg baik? putar2 pengatur fokus & screen di fbt cangkokan. Harusnya proses cangkok sudah ok kalau cara tadi dilakukan...mungkin ada kerusakan lain, coba cek teg di heater...selamat ngoprek yach.

    ReplyDelete
  5. Boss infonya bagus,,namun menurut saya ada sedikit perbedaan antara bagian fokus pada flyback tv dan flyback monitor, setahu saya tegangan fokus dan G1 pada tv lebuh rendah dari pada monitor...

    ReplyDelete
  6. bisa tergantung jenis fbt tv yg digunakan,,

    ReplyDelete
  7. wah bener bngt tu bro...ane coba jg gak bs fbt tv vs fbt monitor...baru aja gw nyoba, teg G2 nol...cangkok fbt monitor sptx hrs pake fbt monitor brow dengan sarat fbt monitor yang dcangkokkan trimpotx msh oke,jk sudah short trimpotx djamin gagal...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.

Servis Dan Cara Bongkar Setrika

“Setrika tidak panas”, ucapan yang mungkin pernah anda dengar ketika ibu, istri, kakak, adik atau si mbok ketika setrikanya rusak. “Coba colokin tempat lain” mungkin itu jawaban anda jika ditanya demikian “ kalau masih ngak panas berarti rusak, sudah ganti baru saja” (klo anda sedang tajir atau baru dapat bonus). Kalau lagi kere & bokek ngak ada salahnya kalau ngoprek servis setrika sendiri. Setrika Listrik (dulu ada setrika bukan listrik)tidak terlalu sulit untuk diservis atau perbaiki sendiri dan komponennya pun tidak mahal.

Seperti biasa tips siaba untuk melakukan servis atau perbaikan suatu alat elektronik harus mengetahui cara kerja alat tersebut. Setrika listrik terdiri dari komponen-komponen berikut :
Heater / pemanasPengatur panasFuse (untuk merek teretentu menggunakan)Lampu IndikatorKabel  colokan ke PLN
Berikut ini gambar skema setrika listrik yang sering dipakai dirumah.