-->

Recovery Data Harddisk


Dapat pasien komputer tidak bisa booting. Setiap booting lewat harddisk PC restart kembali. Kata yang punya OS menggunakan windows XP. PC restart kembali setelah membaca MBR (master boot record) harddisk. "NTDLR missing". Analisa pertama kerusakan system nih. Coba repair system lewat console ah..biasanya yang blue screen dengan trik ini bisa oke.

Boot lewat cd rom dengan installer XP. Pilih R untuk repair system lewat console. Masukan password admin jika diminta. Ketik C:\ chkdsk /r untuk repair system sekaligus cek kondisi harddisk. Setelah finish, coba restart PC booting lewat harddisk.
Masih tetap juga...ngak bisa booting. Ya udah dari pada lama ngutak atik gunakan jurus pamungkas yaitu format ulang. Tapi sebelumnya data di harddik harus selamat. Lepas harddisk, tempel di PC sehat untuk di back up datanya.

Harddisk masih terdeteksi dengan baik, tidak ada bad sector. Cuma yang aneh harddisk blank alias kosong tidak ada system dan data. Cuma ada file log. Pantesan tidak bisa booting.

Bingung bagaimana backup data di harddisk yang blank. Akhirnya coba search di mbah google cari software untuk merecovery data harddisk. Banyak software yang bisa digunakan untuk recovery data harddisk, ada yang bayar dan ada juga yang greetongan.

Akhirnya pilihan jatuh pada software buatan piriform, yaitu recuva file recovery. soalnya greetongan alias gratis tis..tis. File installernya cukup kecil sekitar 3,6 mb. Jadi tidak terlalu lama dunlotnya..maklum internet rame-rame. Kadang kenceng kadang lemot..

Singkat cerita setelah di install sukses, software dijalankan...tada.....
Alhamdulillah...recuva berhasil menemukan file-file yang dicari.

tertarik mencoba recuva...? download aja disini

LihatTutupKomentar