Skip to main content

Membuat Kabel Jaringan (LAN)

Coretan ini hanya sekedar buat pengingat bagi saya kalau sewaktu-waktu mau membuat kabel dengan konfigurasi CrossOver. Soalnya konfigurasi jenis Crossover jarang digunakan, jadi suka lupa he..he... Dalam membuat kabel LAN (Local Area Network) dikenal istilah Straight dan CrossOver.

Untuk konfigurasi Straight biasa digunakan untuk koneksi kabel antara PC dengan Switch atau HUB. Untuk konfigurasi CrossOver biasa digunakan untuk koneksi Switch to Switch atau PC to PC. Untuk memudahkan mengingat konfigurasi yang akan digunakan biasanya saya berpatokan begini "klo sejenis menggunakan Crossover dan klo beda jenis menggunakan Straight". Ciri-ciri konfigurasi kabel Straight adalah konfigurasi setiap ujung kabelnya adalah sama, jadi kalau ujung kabelnya didekatkan konfigurasinya sama. Sedangkan ujung kabel CrossOver ujung satu dan lainnya akan berbeda.
Cara membuat kabel
Untuk membuat sendiri kabel LAN dibutuhkan:
* Kabel LAN
* Konektor RJ45
* Crimping (alat untuk menyatukan RJ45 dengan kabel)



Untuk memudahkan dalam menentukan pin 1 konektor rj45 adalah dengan membalikan rj45 ke arah muka kita, sehingga pin tembaganya terlihat. Pin nomor satu adalah kaki yang paling kiri.

Berikut ini konfigurasi kabel model Straight Trought
Pin Color
1 White/Orange
2 Orange
3 White/Green
4 Blue
5 White/Blue
6 Green
7 White/Brown
8 Brown



Konfigurasi ujung kabel lainnya adalah sama. Selanjutnya adalah konfigurasi kabel jenis CrossOver.

Konfigurasi jenis Crossover salah satu ujung kabel konfigurasinya seperti gambar diatas dengan konfigurasi sebagai berikut:

Pin Color
1 White/Green
2 Green
3 White/Orange
4 Blue
5 White/Blue
6 Orange
7 White/Brown
8 Brown

Dan ujung yang lainnya menggunakan konfigurasi Straight. Jadi jenis CrossOver ujung satu dan ujung lainnya berbeda.
Dalam membuat kabel LAN biasanya bermasalah dalam hal melakukan crimping. Ketelitian adalah kunci sukses dalam crimping. Sebelum melakukan crimping pastikan ujung kabel rata masuk ke konektor RJ45, baca bismillah lalu tekan crimping dengan kuat, insyallah kabel yang kita buat berhasil. Kalau masih gagal, potong lagi dan buat lagi..meng-crimping kabel butuh teori dan kebiasaan he..he..

Comments

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.

Servis Dan Cara Bongkar Setrika

“Setrika tidak panas”, ucapan yang mungkin pernah anda dengar ketika ibu, istri, kakak, adik atau si mbok ketika setrikanya rusak. “Coba colokin tempat lain” mungkin itu jawaban anda jika ditanya demikian “ kalau masih ngak panas berarti rusak, sudah ganti baru saja” (klo anda sedang tajir atau baru dapat bonus). Kalau lagi kere & bokek ngak ada salahnya kalau ngoprek servis setrika sendiri. Setrika Listrik (dulu ada setrika bukan listrik)tidak terlalu sulit untuk diservis atau perbaiki sendiri dan komponennya pun tidak mahal.

Seperti biasa tips siaba untuk melakukan servis atau perbaikan suatu alat elektronik harus mengetahui cara kerja alat tersebut. Setrika listrik terdiri dari komponen-komponen berikut :
Heater / pemanasPengatur panasFuse (untuk merek teretentu menggunakan)Lampu IndikatorKabel  colokan ke PLN
Berikut ini gambar skema setrika listrik yang sering dipakai dirumah.