Skip to main content

Membuat Kabel Jaringan (LAN)

Coretan ini hanya sekedar buat pengingat bagi saya kalau sewaktu-waktu mau membuat kabel dengan konfigurasi CrossOver. Soalnya konfigurasi jenis Crossover jarang digunakan, jadi suka lupa he..he... Dalam membuat kabel LAN (Local Area Network) dikenal istilah Straight dan CrossOver.

Untuk konfigurasi Straight biasa digunakan untuk koneksi kabel antara PC dengan Switch atau HUB. Untuk konfigurasi CrossOver biasa digunakan untuk koneksi Switch to Switch atau PC to PC. Untuk memudahkan mengingat konfigurasi yang akan digunakan biasanya saya berpatokan begini "klo sejenis menggunakan Crossover dan klo beda jenis menggunakan Straight". Ciri-ciri konfigurasi kabel Straight adalah konfigurasi setiap ujung kabelnya adalah sama, jadi kalau ujung kabelnya didekatkan konfigurasinya sama. Sedangkan ujung kabel CrossOver ujung satu dan lainnya akan berbeda.
Cara membuat kabel
Untuk membuat sendiri kabel LAN dibutuhkan:
* Kabel LAN
* Konektor RJ45
* Crimping (alat untuk menyatukan RJ45 dengan kabel)



Untuk memudahkan dalam menentukan pin 1 konektor rj45 adalah dengan membalikan rj45 ke arah muka kita, sehingga pin tembaganya terlihat. Pin nomor satu adalah kaki yang paling kiri.

Berikut ini konfigurasi kabel model Straight Trought
Pin Color
1 White/Orange
2 Orange
3 White/Green
4 Blue
5 White/Blue
6 Green
7 White/Brown
8 Brown



Konfigurasi ujung kabel lainnya adalah sama. Selanjutnya adalah konfigurasi kabel jenis CrossOver.

Konfigurasi jenis Crossover salah satu ujung kabel konfigurasinya seperti gambar diatas dengan konfigurasi sebagai berikut:

Pin Color
1 White/Green
2 Green
3 White/Orange
4 Blue
5 White/Blue
6 Orange
7 White/Brown
8 Brown

Dan ujung yang lainnya menggunakan konfigurasi Straight. Jadi jenis CrossOver ujung satu dan ujung lainnya berbeda.
Dalam membuat kabel LAN biasanya bermasalah dalam hal melakukan crimping. Ketelitian adalah kunci sukses dalam crimping. Sebelum melakukan crimping pastikan ujung kabel rata masuk ke konektor RJ45, baca bismillah lalu tekan crimping dengan kuat, insyallah kabel yang kita buat berhasil. Kalau masih gagal, potong lagi dan buat lagi..meng-crimping kabel butuh teori dan kebiasaan he..he..

Comments

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Melatih Anak Berpuasa

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Disable Boot Manager Di Win 7

Boot Manager di Win 7 akan muncul jika terdapat lebih dari satu OS yang terinstal. Atau ketika instal ulang Win 7 tapi tidak di format habis, akan muncul pilihan boot Win 7 yang baru dan Win 7 yang lama. Untuk menghilangkan tampilan Boot Manager ketika proses booting bisa dilakukan lewat Msconfig.

Untuk membuka Msconfig ketik msconfig dikotak "search program & file".
Setelah jendela msconfig tampil, pilih menu boot.Pilih Boot entry yang tidak diinginkan.Delet Untuk boot entry yang sedang digunakan bertuliskan :current OS. Hati-hati jangan sampai salah delet. Setelah hanya ada satu pilihan pada Boot entry lakukan restart untuk melihat hasil.

Boot Manager tidak akan tampil jika hanya terdapat satu option Boot entry.