Skip to main content

Cara Mengetahui Kerusakan Getar Di Smartphone Samsung Android

Penyebab kerusakan getar/vibra di smartphone bermacam-macam, hp pernah jatuh, ketekuk dikantong, jatuh ke air, kehujanan dan lain-lain. Atau juga karena setting yang salah atau crash. Secara garis besar kerusakan getar/vibra pada samrtphone karena hardware dan software. Untuk mengetahui kerusakan getar di smartphone Samsung yang tidak aktif saat menerima call atau alert lainnya, bisa dicek dengan menggunakan secret code bawaan  Samsung.

Untuk mengetes kondisi vibra/getar di smartphone Samsung menggunakan kode *#0842#
Jika secret code ini dijalankan akan muncul aplikasi untuk tester vibra/getar. Tekan button On untuk tester secara manual dan tekan button auto untuk pilihan otomatis. Dengan aplikasi ini bisa disimpulkan kerusakan yang terjadi pada vibra apakah karena software atau settingan yang bermasalah atau karena kerusakan hardware.

Jika saat di tester kondisi vibra bergetar namun saat ada panggilan telepon, sms dan alert lainnya tidak berfungsi bisa disimpulkan ada problem pada software. Lakukan setting ulang dibagian alert vibra, jika perlu reset smartphone samsung ke settingan default. Dan jika saat ditester dengan aplikasi tadi tidak ada respon pada vibra/getar maka bisa disimpulkan ada problem pada hardware. Coba ketuk-ketuk atau tepuk-tepuk smartphone saat tester jika getar kadang aktif kadang tidak, kemungkinan ada soket atau konektor yang kendor atau bermasalah.

Dengan bantuan kode rahasia *#0842# bawaan smartphone samsung ini bisa dianalisa kerusakan pada vibra tanpa harus membongkar smartphone. Dari analisa yang didapatkan kita bisa menentukan langkah selanjutnya. Apakah dibawa ke service center atau dibongkar diperbaiki sendiri.

Keputusan ditangan anda....


Comments

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.

Servis Dan Cara Bongkar Setrika

“Setrika tidak panas”, ucapan yang mungkin pernah anda dengar ketika ibu, istri, kakak, adik atau si mbok ketika setrikanya rusak. “Coba colokin tempat lain” mungkin itu jawaban anda jika ditanya demikian “ kalau masih ngak panas berarti rusak, sudah ganti baru saja” (klo anda sedang tajir atau baru dapat bonus). Kalau lagi kere & bokek ngak ada salahnya kalau ngoprek servis setrika sendiri. Setrika Listrik (dulu ada setrika bukan listrik)tidak terlalu sulit untuk diservis atau perbaiki sendiri dan komponennya pun tidak mahal.

Seperti biasa tips siaba untuk melakukan servis atau perbaikan suatu alat elektronik harus mengetahui cara kerja alat tersebut. Setrika listrik terdiri dari komponen-komponen berikut :
Heater / pemanasPengatur panasFuse (untuk merek teretentu menggunakan)Lampu IndikatorKabel  colokan ke PLN
Berikut ini gambar skema setrika listrik yang sering dipakai dirumah.