Skip to main content

Om "Indomie" Liem Tutup Usia

liem siliong wafat
Liem Sioe Liong atau Sudono Salim akrab dikenal dengan nama Om Liem lahir Tiongkok, 10 September 1915 bos  Grup Salim, holding perusahaan yang memproduksi mie instan terkenal Indomie. Om Liem Kemarin hari Minggu tanggal 10 Juni 2012 telah tutup usia di negeri tetangga,Singapura. Pengusaha yang cukup dekat dengan penguasa di era orde baru dikenal sebagai pencipta ulung merek global.

Tragedi kerusuhan Mei 1998 membuat Om Liem hijrah ke Singapura. Bahkan rumahnya sendiri yang terletak di jalan Gunung Sahari dan medan sempat dijarah dan dibakar oleh massa. Tampakanya membuat pendiri group Salim ini trauma dan memutuskan untuk menetap di Singapura.

Sebagai milyader dunia Sudono Salim / Liem Siliong / Om Liem sebelum mencapai puncak kesuksesan pahit getirnya kehidupan beliu telah lalui. Mengungsi dari kerusuhan politik Cina tahun 1938, Liem muda berlabuh di Surabaya.Sempat menjadi tukang pembuat kerupuk dan tahu pada jaman penjajahan Belanda. Ketika Jepang menguasai Indonesia usaha yang dikelolanya bangkrut.

Kini pengusaha kontroversial dan pendiri group Salim ini telah tutup usia dengan mewarisi sejumlah perusahaan besar seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Indomobil Sukses International Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Indosiar Karya Media Tbk, hingga PT Bank Central Asia Tbk.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.

Servis Dan Cara Bongkar Setrika

“Setrika tidak panas”, ucapan yang mungkin pernah anda dengar ketika ibu, istri, kakak, adik atau si mbok ketika setrikanya rusak. “Coba colokin tempat lain” mungkin itu jawaban anda jika ditanya demikian “ kalau masih ngak panas berarti rusak, sudah ganti baru saja” (klo anda sedang tajir atau baru dapat bonus). Kalau lagi kere & bokek ngak ada salahnya kalau ngoprek servis setrika sendiri. Setrika Listrik (dulu ada setrika bukan listrik)tidak terlalu sulit untuk diservis atau perbaiki sendiri dan komponennya pun tidak mahal.

Seperti biasa tips siaba untuk melakukan servis atau perbaikan suatu alat elektronik harus mengetahui cara kerja alat tersebut. Setrika listrik terdiri dari komponen-komponen berikut :
Heater / pemanasPengatur panasFuse (untuk merek teretentu menggunakan)Lampu IndikatorKabel  colokan ke PLN
Berikut ini gambar skema setrika listrik yang sering dipakai dirumah.