-->

Om "Indomie" Liem Tutup Usia

liem siliong wafat
Liem Sioe Liong atau Sudono Salim akrab dikenal dengan nama Om Liem lahir Tiongkok, 10 September 1915 bos  Grup Salim, holding perusahaan yang memproduksi mie instan terkenal Indomie. Om Liem Kemarin hari Minggu tanggal 10 Juni 2012 telah tutup usia di negeri tetangga,Singapura. Pengusaha yang cukup dekat dengan penguasa di era orde baru dikenal sebagai pencipta ulung merek global.

Tragedi kerusuhan Mei 1998 membuat Om Liem hijrah ke Singapura. Bahkan rumahnya sendiri yang terletak di jalan Gunung Sahari dan medan sempat dijarah dan dibakar oleh massa. Tampakanya membuat pendiri group Salim ini trauma dan memutuskan untuk menetap di Singapura.

Sebagai milyader dunia Sudono Salim / Liem Siliong / Om Liem sebelum mencapai puncak kesuksesan pahit getirnya kehidupan beliu telah lalui. Mengungsi dari kerusuhan politik Cina tahun 1938, Liem muda berlabuh di Surabaya.Sempat menjadi tukang pembuat kerupuk dan tahu pada jaman penjajahan Belanda. Ketika Jepang menguasai Indonesia usaha yang dikelolanya bangkrut.

Kini pengusaha kontroversial dan pendiri group Salim ini telah tutup usia dengan mewarisi sejumlah perusahaan besar seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Indomobil Sukses International Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Indosiar Karya Media Tbk, hingga PT Bank Central Asia Tbk.

LihatTutupKomentar