-->

Makanan-makanan Yang Di Sukai Saluran Pencernaan

Makanan yang sering dikonsumsi oleh seseorang akan berpengaruh terhadap kesehatannya. Oleh karena itu hati-hati dalam memilih makanan. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya makanan-makanan yang tidak menganggu saluran pencernaan. Sebab jika saluran pencernaan terganggu bisa memicu timbulnya penyakit yang lain.

Berikut ini makan-makanan yang membuat saluran pencernaan menjadi baik dan lancar.

Jahe
sejak dahulu Jahe dikenal sebagai tanaman yang kaya akan khasiat. Rasanya yang hangat membuat Jahe sangat disukai baik sebagai minuman atau bumbu. Jahe mengandung zat aktif yang menghasilkan rasa hangat, pedas, serta sifat merangsang dan penyembuhan. Sehingga Jahe bisa digunakan untuk mengobati saluran pencernaan misal rasa mual.

Adas
Nama latin Foeniculum vulgare Miller, suku adas-adasan atau Apiaceae. Telah lama dikenal sebagai salah satu komponen dalam obat tradisonal. Adas mengadung anethole yang berkasiat untuk menyejukkan saluran cerna. Selain itu Adas juga mengandung zat yang bisa dipergunakan untuk terapi anti kembung yaitu asam aspartat.

Yogurt
Makanan hasil permentasi susu ini sangat baik untuk pencernaan. Yogurt mengandung probiotik yang berguna untuk usus. Probiotik menjaga kestabilan bakteri dalam usus.

Mint
Jenis tanaman yang biasa dijadikan lalapan oleh orang sunda memiliki khasiat mengobati mual dan sakit kepala. Selain itu Mint sering dipergunakan untuk pengobatan gangguan pencernaan seprti mulas dan perut kembung.

Daun Salam
Tanaman ini biasa dijadikan sebagai penyedap masakan. Nasi uduk dan sayur asam kerap menggunakan Daun Salam sebagai bumbu. Daun Salam bisa meningkatkan sistem pencernaan tubuh.


Sumber: times of india
LihatTutupKomentar