-->

TV sharp mati total


Libur kemarin temen datang sambil bawa TV 14". Mereknya Sharp type 14q25mkII. Katanya TV kesayangannya tiba-tiba matot alias mati total. Padahal sebelumya ngak ada tanda-tanda mau rusak. TV Sharp type ini menggunakan IC tunggal TDA 9381ps. Analisa pertama sebelum dibongkar kemungkinan bagian power supply atau ada solderan yang kendor.

Setelah casing dibuka mesin TV terlihat masih bersih, elco-elco juga masih bagus, belum ada yang mengelembung. Sikring juga tidak putus. Coba tekan tombol power, ngak ada respon lampu indikator mati. Mulai bergerilya disekitar Power supply

Power supply menggunakan STR G5653 sebagai regulatornya. Kondisi secara visual STR masih bagus. Biasanya kalau STR jebol/rusak secara visul ada kerusakan dan sikring putus. Coba cek tegangannya dengan memcabut STR. Tegangan untuk source normal, cek tegangan untuk triger kecil sekali nyaris tidak ada. Wah disini rupanya...kenapa ngak ada power.

Bergerilya kesumber penyuplai tegangan untuk triger akhirnya ketemu di R707. Nilai Resistor dari warna gelang menunjukan nilai 470 K. secara visual Resistor ini masih bagus, gelang warnanya masih terlihat mengkilap. Sehubungan AVO meter saya tidak sanggup untuk mengukurnya akhirnya gambling diganti saja toh harganya cuma 500 perakan.

Cek harga STR g5653 original

Setelah Resistor dipasang cek ulang tegangan untuk triger STR, jarum avo meter naik, sekarang ada tegangan yang masuk. Coba pasang STR G5653 kembali.
Sekarang tinggal tes untuk menghidupkan TV, tombol power ditekan, led indikator nyala, beberapa detik kemudian muncul dispaly di layar...

beres dech..

Kerusakan hanya pada bagian power supply saja.

LihatTutupKomentar