Skip to main content

TV sharp mati total


Libur kemarin temen datang sambil bawa TV 14". Mereknya Sharp type 14q25mkII. Katanya TV kesayangannya tiba-tiba matot alias mati total. Padahal sebelumya ngak ada tanda-tanda mau rusak. TV Sharp type ini menggunakan IC tunggal TDA 9381ps. Analisa pertama sebelum dibongkar kemungkinan bagian power supply atau ada solderan yang kendor.

Setelah casing dibuka mesin TV terlihat masih bersih, elco-elco juga masih bagus, belum ada yang mengelembung. Sikring juga tidak putus. Coba tekan tombol power, ngak ada respon lampu indikator mati. Mulai bergerilya disekitar Power supply

Power supply menggunakan STR G5653 sebagai regulatornya. Kondisi secara visual STR masih bagus. Biasanya kalau STR jebol/rusak secara visul ada kerusakan dan sikring putus. Coba cek tegangannya dengan memcabut STR. Tegangan untuk source normal, cek tegangan untuk triger kecil sekali nyaris tidak ada. Wah disini rupanya...kenapa ngak ada power.

Bergerilya kesumber penyuplai tegangan untuk triger akhirnya ketemu di R707. Nilai Resistor dari warna gelang menunjukan nilai 470 K. secara visual Resistor ini masih bagus, gelang warnanya masih terlihat mengkilap. Sehubungan AVO meter saya tidak sanggup untuk mengukurnya akhirnya gambling diganti saja toh harganya cuma 500 perakan.

Setelah Resistor dipasang cek ulang tegangan untuk triger STR, jarum avo meter naik, sekarang ada tegangan yang masuk. Coba pasang STR G5653 kembali.
Sekarang tinggal tes untuk menghidupkan TV, tombol power ditekan, led indikator nyala, beberapa detik kemudian muncul dispaly di layar...

beres dech..

Kerusakan hanya pada bagian power supply saja.

Comments

  1. TErima kasih atas pemberitahuannya... hehe... sukses ya soobbb... Btw ad tips ttg Auto Traffic loh, donlot gratis... >> salonoyah.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kren ,,
    Thanks gan....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Melatih Anak Berpuasa

Datangnya bulan ramadhan disambut gembira oleh umat muslim, tak terkecuali anak-anak. Mereka cukup antusias menyambutnya walaupun belum tentu berpuasa. Suasana berpuasa dibulan ramadhan memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak. Coba perhatikan waktu santap sahur, banyak anak minta dibangunkan jika waktu sahur bahkan akan "ngambek" jika tidak dibangunkan. padahal esok belum tentu ikut berpuasa.

Tapi tidak mengapa namanya juga anak-anak dari sisi ibadah pun mereka belum wajib. Namun demikian pembelajaran ibadah puasa sejak dini mesti dilakukan orang tua namun harus secara bertahap. Kewajiban orang tua untuk mengali lebih jauh semangat anak untuk bisa berpuasa sejak dini. Agar secara bertahap bisa melakukan puasa secara penuh.

Disable Boot Manager Di Win 7

Boot Manager di Win 7 akan muncul jika terdapat lebih dari satu OS yang terinstal. Atau ketika instal ulang Win 7 tapi tidak di format habis, akan muncul pilihan boot Win 7 yang baru dan Win 7 yang lama. Untuk menghilangkan tampilan Boot Manager ketika proses booting bisa dilakukan lewat Msconfig.

Untuk membuka Msconfig ketik msconfig dikotak "search program & file".
Setelah jendela msconfig tampil, pilih menu boot.Pilih Boot entry yang tidak diinginkan.Delet Untuk boot entry yang sedang digunakan bertuliskan :current OS. Hati-hati jangan sampai salah delet. Setelah hanya ada satu pilihan pada Boot entry lakukan restart untuk melihat hasil.

Boot Manager tidak akan tampil jika hanya terdapat satu option Boot entry.