Skip to main content

Dikerjain printer jadul

Hari ini dikerjain printer jadul. Printer ini menemani "kami" sejak tahun 90 an. Lumayan lama juga. Salut deh sama printer ini.

Cuma hari ini dozki ngadat. Lampunya blinking. Ketiga lampu lednya hidup semua, kedap-kedip. Biasanya sih paling banter ngadatnya kertas macet.Itu juga akibat kesalahan "kami" masukin kertasnya tidak lurus.

Klo printer model sekarang blinking paling tinggal reset. Lah klo printer model jadul kayak gini apa yang harus direset. Binun nih..
oh ya..kelupaan nama dozki deskjet 400.

Coba utak-atik dulu ah..
tes printer tanpa lewat PC. Dozki nyedian fasilitas self test. Tetap sama juga masih blinking. Berarti error dari sisi printer bukan dari sisi PC.
Akhirnya coba bersihin semua kotoran yang menempel didaleman printer, coba lagi masih tetep..

Iseng-iseng olesi besi rel untuk tinta pake minyak sayur, tapi ngak banyak2 hanya sekedarnya aja. Coba test lagi..
Wuih..lancar euy tuntas sampe akhir print ngak blinking..
hanya dengan minyak sayur (bekas goreng pisang lagi)..

Kemungkinan error terjadi karena gerak laju tinta terhambat atau karet penarik tinta sudah kendur. Selama ini emang belum pernah diganti he..he

Selamat bekerja lagi ya printer jadul koe..!

Comments

  1. nama printer jadul y apa??

    ReplyDelete
  2. Thanks for your many years of a great service well done! I’ve always felt good about listing my concerts with you and linking from my website.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Servis Kipas Angin Miyako Remot

Kipas angin remot pada dasarnya sama seperti kipas angin biasa. Perbedaan hanya pada sistem kontrol pada motor listrik. Kipas angin remot mengganti fungsi tombol-tombol saklar biasa dengan sebuah rangkaian elektronik. Sistem kontrol elektronik pada kipas angin remot fungsinya seperti tombol-tombol saklar pada kipas angin biasa. Hanya saja sistem kontrol elektronik bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remot ketika mengoperasikan kipas angin.

Penggunaan sistem remot pada kipas angin diaplikasikan oleh produsen kipas angin Miyako untuk produk kipas angin tipe tjr-101 (Tejari 3). Kipas angin Miyako tjr-101 untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan remot.

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.

Servis Dan Cara Bongkar Setrika

“Setrika tidak panas”, ucapan yang mungkin pernah anda dengar ketika ibu, istri, kakak, adik atau si mbok ketika setrikanya rusak. “Coba colokin tempat lain” mungkin itu jawaban anda jika ditanya demikian “ kalau masih ngak panas berarti rusak, sudah ganti baru saja” (klo anda sedang tajir atau baru dapat bonus). Kalau lagi kere & bokek ngak ada salahnya kalau ngoprek servis setrika sendiri. Setrika Listrik (dulu ada setrika bukan listrik)tidak terlalu sulit untuk diservis atau perbaiki sendiri dan komponennya pun tidak mahal.

Seperti biasa tips siaba untuk melakukan servis atau perbaikan suatu alat elektronik harus mengetahui cara kerja alat tersebut. Setrika listrik terdiri dari komponen-komponen berikut :
Heater / pemanasPengatur panasFuse (untuk merek teretentu menggunakan)Lampu IndikatorKabel  colokan ke PLN
Berikut ini gambar skema setrika listrik yang sering dipakai dirumah.