Sekedar coretan sajah,

Seting Modem Wellcomm

Ceritanya ada yang minta tolong dibantu seting modem yang punya fitur wifi. Mereknya Wellcomm WM338G, modemnya beberapa tahun lalu. Kata yang punya tolong dicek dan diseting ulang kalau masih ok mau dipakai lagi. Box dan manual book modem sudah tidak ada lagi, yang ada cuma modemnya doang.

seting modem wellcomm wm338G

Langkah awal browsing ke mbah google buat cari referensi. Nemu referensi cara reset dan setting ulang modem wellcom ini. Untuk cara resetnya cukup mudah yaitu ketika modem "ON" tekan tombol reset yang ada tulisan "R" selama beberapa detik sampai modem mati. Lalu hidupkan kembali modem, sekarang modem sudah ke kondisi reset factory. Disaat mau konek ke wifi modem wellcomm dengan ssid defaultnya yaitu Wellcom_xxx selalu minta pin yang tertera di label yang menempel di router, yaitu 8 digit pin number. Bolak-balik modem ngak ketemu pin yang dimaksud. Dicoba dengan pin 01234567 atau pin 12345678 tetap tidak mau masuk.

Sekarang tinggal coba setting ulang modem, colok kabel data (pin kecil) dan konek modem ke PC/laptop. PC buat seting menggunakan OS win7. Modem terdeteksi dan langsung intall aplikasi dan drivernya, sukses di instal di win7. Tapi pas aplikasinyanya mau di running tidak jalan. Jika mengalami hal yang sama coba buka browser dan ketik alamat 192.168.1.1 akan tampil setingan untuk modem wellcomm ini.

seting modem wellcomm via browser

Dan dicoba setting seperti ini,

Di tes akhirnya bisa konek ke wifi modem wellcom ini. Tidak muncul lagi permintaan pin yang tertera di label router. Untuk bisa koneksi ke internet lewat modem ini tinggal masukan sim card saja. Maksimal koneksi yang bisa di sahring hanya 5 device saja. Kelebihan modem + wifi ini tidak perlu dicolok ke PC atau laptop saat dipergunakan. Bisa diletakan dimana saja asalkan sinyal wifi masih terjangkau.




0 Komentar untuk "Seting Modem Wellcomm"

Back To Top