-->

Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.
Bag bawah rice cooker


  • Buka sekerup tutup bagian bawah Rice Cooker. Letak sekerup dekat dengan kabel colokan listrik. Jumlah sekerup biasanya hanya satu saja. Kemudian congkel dengan obeng minus untuk membuka tutup bawah dari Rice Cooker. Lihat gambar.
Jeroan rice cooker

  • Setelah tutup bawah terbuka lihat gambar, mulai bergerilya dengan bantuan multi tester mencari penyebab kenapa Rice Cooker ini "tidak bisa panas".
  • Akhirnya ketemu dengan Temperatur Fuse 115 Derajat Celcius dicek dengan multi tester, ternyata sudah KO.
  • Gerilya masih berlanjut takut ada kerusakan yang lain. Cek semua Heater/element pemanas,  tidak ada masalah pada Heater.
  • Untuk memastikan saya coba jumper Fuse yang KO dengan kabel, kemudan kabel dicolokan ke listrik, hasilnya lampu indikator menyala dan saya raba bagian dalam Rice Cooker ternyata "sudah bisa panas".
  • Untuk kasus Rice Cooker Youngma mati total seperti ini kerusakan hanya pada fuse yang KO.
  • Untuk memperbaiki ganti fuse dengan yang baru atau kalau mau diakalin bisa dengan di jumper.
Fuse

Kerusakan Rice Cooker bermacam-macam mulai dari kasus seperti diatas,tidak bisa menghangatkan, Nasi jadi kering/keras dll. Rice Cooker memiliki komponen utama yaitu element pemanas, pengontrol panas dan Fuse (kadang tidak dipergunakan). Prinsip kerja Rice Cooker mirip dengan seterika listrik.Selain Fuse kerusakan Rice Cooker sering terjadi pada element pemanasnya.
LihatTutupKomentar