Memperbaiki Rice Cooker Youngma Mati Total

Share:
Rice Cooker buatan Korea ini cukup banyak dipergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak nasi. Katanya sich lebih awet. Tapi kemarin ada tetangga ke rumah bawa Rice Cooker Youngma model MC-2350B, katanya "tidak bisa panas". Rice Cooker model ini memiliki kapasitas 2 liter. Coba saya tes dengan mencolokan kabel Rice Cooker ke listrik, lampu indikator memasak atau menghangatkan tidak menyala sama sekali. Rice Cooker mati total. Harus dibongkar nih Rice Cooker, berikut ini cara membongkar Rice Cooker.
Bag bawah rice cooker


  • Buka sekerup tutup bagian bawah Rice Cooker. Letak sekerup dekat dengan kabel colokan listrik. Jumlah sekerup biasanya hanya satu saja. Kemudian congkel dengan obeng minus untuk membuka tutup bawah dari Rice Cooker. Lihat gambar.
Jeroan rice cooker

  • Setelah tutup bawah terbuka lihat gambar, mulai bergerilya dengan bantuan multi tester mencari penyebab kenapa Rice Cooker ini "tidak bisa panas".
  • Akhirnya ketemu dengan Temperatur Fuse 115 Derajat Celcius dicek dengan multi tester, ternyata sudah KO.
  • Gerilya masih berlanjut takut ada kerusakan yang lain. Cek semua Heater/element pemanas,  tidak ada masalah pada Heater.
  • Untuk memastikan saya coba jumper Fuse yang KO dengan kabel, kemudan kabel dicolokan ke listrik, hasilnya lampu indikator menyala dan saya raba bagian dalam Rice Cooker ternyata "sudah bisa panas".
  • Untuk kasus Rice Cooker Youngma mati total seperti ini kerusakan hanya pada fuse yang KO.
  • Untuk memperbaiki ganti fuse dengan yang baru atau kalau mau diakalin bisa dengan di jumper.
Fuse

Kerusakan Rice Cooker bermacam-macam mulai dari kasus seperti diatas,tidak bisa menghangatkan, Nasi jadi kering/keras dll. Rice Cooker memiliki komponen utama yaitu element pemanas, pengontrol panas dan Fuse (kadang tidak dipergunakan). Prinsip kerja Rice Cooker mirip dengan seterika listrik.Selain Fuse kerusakan Rice Cooker sering terjadi pada element pemanasnya.

56 comments:

  1. sip...
    oh iya kan di multitester ada ohm, ac, dc dan arus dc. itu mana yang digunakan untuk mengukur Temperatur Fuse terus cara mengetesnya kan di multitester ada + dan -...maaf saya awan dengan eletronik he..he..
    iya kalau bisa kasih juga dong cara mengetes Heater

    ReplyDelete
  2. To Anonymous ...
    Coretanaba:

    Pake yang OHM gan..,tempelin aja colokan + dan - di masing2 kaki fuse, pilih yang X1, kalau jarum bergerak berarti msh bagus. Untuk tes Heater cara seperti diatas cuma jarum bergerak dari sebelah kiri ke kanan cuma sedikit sekitar di angka 200/100 pd skala tester. Tp biasanya heater bulat pada rice cooker jarang rusak yang sering rusak adalah heater untuk menghangatkan yang terletak disamping dan diatas tutup rice cooker.

    ReplyDelete
  3. mas mo tanya nih, saya punya magic com yongma, pada saat digunakan untuk masak kalau sudah masak saklar tidak mau pindah ke posisi warm. tetap pada posisi cook, sehingga hasil nasi bagian bawah menjadi berkerak. mohon bantuannya. terima kasih.

    ReplyDelete
  4. coba mas buka bagian tutup bawah.. nanti disitu kelihatan tuas buat saklar pindah worm dan cook. tuas digerakan oleh saklar bimetal yang berprinsip jika mencapai suhu tertentu dia akan berubah. coba mas amati apa yang membuat dia tidak bergerak,mungkin kotor atau ada sesuatu yang mengganjal,

    selamat ngoprek yach

    ReplyDelete
  5. mas, terima kasih atas jawabannya. tuasnya bisa digerakkan secara manual. sepertinya tidak ada yang menganjal. tapi kok tetap gak mau pindah posisi cook ke warm. apakah perlu diganti saklar & fuse thermalnya? atau ada solusi yang lain. terima kasih

    ReplyDelete
  6. coba mas tekan bagian dalam rice cooker, kalau normal tuas akan bergerak keposisi cook (ketarik magnet), terus coba pindah ke posisi warm sambil terus menekan, apakah tuas terkunci diposisi warm atau balik lagi?

    ReplyDelete
  7. nice nice nice, ada link lain nih cek aja bro disini http://pintarbengkel.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. to nugnug

    thanks gan atas kunjungannya..

    ReplyDelete
  9. wah thanks berat boss. ak mau benerin magic com mertuaku ah.... biar tambah disayang mertua. heheheh

    ReplyDelete
  10. mas, sudah saya coba tekan bagian dalam dam posisi bergerak ke cook terus saya pindahkan ke warm langsung terkunci dan tidak balik lagi. cuma waktu ditekan ke posisi warm agak nyangkut gitu. mohon pencerahannya krn sampai saat ini untuk msak bisa tapi gak mau ke posisi warm sehingga kalo lupa dipindahkan secar manual nasi jadi hangus. tq ta

    ReplyDelete
  11. untuk mas Zul..
    Analisa saya kemungkinan ada masalah di thermostat/bimetal yang menggerakan tuas atau panas yang dihasilkan oleh rice cooker mas tidak mencapai suhu yang bisa membuat penggerak tuas aktif, hal ini bs karena elemen pemanas sudah lemah..

    ReplyDelete
  12. wah, ketemu pakar magic com neh.
    mas, saya bingung pakai macam2 merek magic com selalu nggak ada yg bener. awalnya Miyako, terus Yong Ma, terakhir Signora. semuanya kadang2 nasinya bagus, kadang benyek, malah sering juga sampe basi, tapi anehnya kadang kering. kenapa berubah2 gitu? kalo masalah beras harusnya sih teteup krn sy gak ganti2 jenis. takaran air juga teteup (1 ruas jari telunjuk). Miyako & Yong Ma sudah KO (plastik bodynya udah getas, kayak kerupuk). skrg Signora yg jalan. tapi ya gitu, nasinya kadang bagus sering jelek. tipsnya gimana mas?
    thanks, Sarah

    ReplyDelete
  13. to Anonymous said...
    wah, ketemu pakar magic com neh...

    saya bukan pakar mas he..he, hanya sekedar berbagi pengalaman ketika bongkar rice cooker sendiri.

    kasusnya sejak beli baru atau sesudah beberapa bulan atau tahun sejak beli?

    ReplyDelete
  14. Untuk kasus nasi yang sering berubah hasilnya,kadang banyek,kadang kering,kadang pulen,hal itu dikarenakan heater tidak bekerja pada voltase yang seharusnya.Perlu di ketahui bahwa dalam magic com atau magic jar ada dua elemen utama,satu eleman yg menempel pada sekeliling teflon tempat nasi (WARM atau COOK ),dan satunya lagi adalah elemen tutup,posisinya berada di bagian dalam tutup magic com.Elemen tutup berfungsi untuk mengendalikan uap akibat panas dalam ruang teflon.heater dalam magic com, terutama heater yang berfungsi untuk menjaga agar nasi tetap hangat,berkerja dengan voltase tertentu,biasanya 220V,saat tingkat suhu dalam magic com sudah dalam batas maka heater akan berhenti bekerja,dan akan mulai lagi bekerja memanasi teflon atau tempat nasi jika suhu sudah menurun dalam batas yg ditentukan.. Perlu kita ketahui jika listrik di negara kita tercinta ini seringkali turun naik voltasenya,seharusnya 220 tapi sering kali turun menjadi 180-200V,terutama pada saat jam2 beban puncak,biasanya mulai jam 7-8 malam,anda bisa mengkur voltase listrik dirumah anda pada jam2 itu,pasti kurang dari 220V. Nah saat voltase listrik turun,heater yang bertugas menjaga agar nasi tetap panas atau hangat itu tidak mendapat pasokan voltase yg di harapkan,maka heater itu akan terus bekerja krn tidak mencapai suhu panas yg ideal seperti ditentukan,maka suhu dalam tmpat nasi akan menjadi hangat tapi tidak cukup untuk membuat elemen tutup yg bertugas mangatur uap bekerja dgn benar,maka akan banyak uap yg kembali jatuh dan itu membuat nasi benyek dan cepat bau.Jika heater bisa mendapat voltase yg telah ditentukan maka kadar uap otmatis akan seimbang karena elemen tutup juga bekerja sesuai dengan kapasitasnya.Jadi jika nasi anda baik dan pulen,itu karena heater atau lebih tepatnya magic com atau magic jar anda bekerja sesuai kapasitasnya voltase yg telah ditentukan,yaitu untuk membuat nasi pulen !! bandingkan : masak lah nasi pada malam hari,dan bandingkan dengan nasi yg anda masak pada siang hari. Meski tidak selalu akurat tapi pasti akan lebih baik nasi yg dimasak siang hari saat listrik rumah kita berada dalam voltase yg seharusnya. Perlu diketahui juga jika beberapa merk alat pemasak nasi juga ada yg berfungsi sebagai pemasak,penghangat,tapi ada juga yg sebagai penghangat, semua itu diatur oleh thermostat yg mengatur suhu utk memasak,menjaga kehangatan nasi,mengontrol uap. Biasanya jika thermostat rusak maka apapun yg dimasak ,kpnpun.pagi,siang ,sore,malam.,maka hasilnya akan sama,tp jika voltase yg berubah maka hasil nya akan berbeda sesuai dengan voltase pada saat memasak. sekiranya sperti itu informasi yg saya tau tentang cara kerja magic com dan semacamnya,jika ada salah mohon di koreksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut kita para tukang servis ya simple aja... kalo matot, cek aja sikringnya ada yg115 dan 155 derajat tergantung merek. kalo nasi benyek atau kekeringan biasanya gak jauh dari termostart. kalo masih kekeringan, coba ukur elemen yg nempel di sekeliling. biasanya pecah n putus.
      by tri, www.hasnan.itgo.com

      Delete
  15. mas kalo cara bongkar magic com, tp gak ada bautnya?!
    gimana ya??

    ReplyDelete
  16. to Anonymous
    mas kalo cara bongkar magic com, tp gak ada bautnya?!
    gimana ya??...

    Bener ngak ada bautnya..? cb cek bagian2 yang ditutup label atau segel, kadang2 baut ngumpet disitu. Klo bener ngk ada bautnya biasanya pake sistem socket, bongkarnya pake obeng minus, caranya sperti diatas magic com dibalik. congkel bagian pinggir dengan hati2. terkdang kalau sudah lama suka patah.

    ReplyDelete
  17. mas kalau masang fuse temperatur,ujung yg lancip buat kabel yg dari pln atau sebalik nya?punya ku tak putus buat sampel,trus giliran masang lupa..thx

    ReplyDelete
  18. klo fuse mah bolak-balik juga ngak masalah...

    ReplyDelete
  19. mas, bagaimana cara bongkar element tutupnya?saya sudah coba lepas 2 baut pengikat di tutup, tapi tidak tahu selanjutanya harus gimana,apakah harus dicongkel (nasi sering bau dan kuning,makanya coba saya bongkar element tutupnya).Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sudah yakin tidak ada sekrup yang "ngumpet" biasanya sich butuh congkel sedikit. coba cek lagi bagian luar dan dalam penutup takut ada sekrup yang ngumpet. disinilah seni bongkar rice cooker yaitu cari sekrup ngumpet...sekrup untuk heater atau elemen atas biasanya terletak dibagian dalam..tp ngak mesti juga disitu.

      Delete
  20. gan... ku punya magic jar... ada 3 hari gak sya pakai..... waktu saya pakai lg, tiba-tiba lampu indikator nggak menyala,dan elemen pun gak panas.... kira2 kerusakannnya di bagian mana....? dan gimana cara servisnya.... makasih sebelumnya atas jawabannnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo agan punya tester cb cek kedua kaki colokan jarum gerak atau tidak?. teliti kondisi kabel, jangan2 digigit tikus he..he.Coba gerak2 tuas pengatur. Btw alat elektronik klo mo mati atau rusak terkdang tiba-tiba ngak pake tanda2 gan.."barusan baru dipake eh sekarang rusak" ada yg seprti itu. Untuk servisnya agan bisa coba langkah2 seprti artikel diatas sebagai gambaran saja. mungkin kasusny magic jar agan mah berbeda..selamat mencoba

      Delete
  21. nasi kok g mau masak, selalu pindah keposisi warm padahal nasi belum masak, aku yakin kerusakan terletak pada thermistor, gmn cara memperbaikinya? tolong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba utak-atik pangkal tuasnya gan.. buat agar tidak terlalu sensitif, dibengko2 dll...

      Delete
  22. klo merk cosmos ...kondisi mati ? cara gmn mas ? share dong,,,,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsipnya sama aja gan seprti youngma..klo mati total langkah pertama cek jalur masuk listrik ke heater, klo pake fuse cek fuse, kabel2 (kadang suka putus didalam) terkahir baru cek heaternya...coba aja dibypas colokan litrik langsung ke heater kabel lain lepas dulu..biarin beberap detik, kemudian lepas colokan, raba heater tadi klo panas/hangat berarti heater tidak masalah, klo demikian berarti ada problem listrik tidak sampai ke heater...

      Delete
  23. Mas, saya punya YongMa, digital rice cooker MC 3500R, kalo nasinya matang, lampu hijau nyala, tanda nasi dalam keadaan WARM, tapi belakangan suka berubah sendiri warnanya jadi merah.. mohon pencerahan Mas. Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dl pernah bongkar youngma yang digital, kerusakan ditandai dnegan lampu kadang bisa berubah kdang tidak..ada kabel yang putus didalam ..mungkin kasusnya sama bisa dicoba cek dl kabel2 yang menuju ke control digitalnya..

      Delete
  24. merk Cosmos , sedang COOK belum Matang / Selesai kok Saklarnya Pindah sendiri ke WARM gmn tuh?

    ReplyDelete
  25. Mantab boss punya ane sukses di repair...

    ReplyDelete
  26. thank you ilmu'y Gan. Moga Bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Waduh, multitester sy mledak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak apa2..resiko servis itu mah..lain kali lebih teliti & ati2 aja, untuk menghidari resiko tester meledak pengukuran tanpa arus listrik...

      Delete
  28. Mau tanya memperbaiki rice cooker yongma,,pancinya nyetrum tetapi kabelnya gk ada yang luka bagaimana caranya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek heater yang dibawah, pake ohm 1k ada koneksi ngak ke body atau panci, klo ada berarti heater sudah bocor. Kemungkinan besar arus listrik berasal dari situ

      Delete
  29. trims gan udah nulis cara bongkar magic com, ane pas banget mau benerin cosmos yg gak nyala led nya..

    ReplyDelete
  30. kalu fuse putus itu apa sebabnya ya gan??

    ReplyDelete
  31. kalu fuse putus itu apa sebabnya ya gan??

    ReplyDelete

  32. Saya kecewa banget beli magic com merk yong ma type MC 3700,pada saat digunakan untuk memasak nasi,nasi belum matang,saklar udah pindah ke posisi warm. Saya coba pindahkan ke posisi cook,berapa menit kemudian saklar pindah lagi ke posisi warm,kadang sampai 3x cetrak cetrekin posisi saklar baru nasi bisa matang.

    ReplyDelete
  33. Wah,, akhirx kebongkar juga...
    ricekooker ane gak rusak,,, tapi kemasukan cicak.....
    hadeh...

    mau masak malah bau bangkai.. hehhehe

    thanks sdh ksh tutor cara bongkarin...

    ReplyDelete
  34. Mas mau tnya penyebab mati total lmpu rice cooker itu apa?

    ReplyDelete
  35. gan.. misalnya thermofuse kita ganti dengan suhu yg lebih tinggi ada pengaruh ga,, tapi amper'nya tetep sama.. pengaruhnya apa aja gan..

    ReplyDelete
  36. mas klo thermofuse kita ganti dngan suhu yg lebih tinggi ada pengaruh ga.. tapi amper tetep sama.. apa pengaruhnya..

    thanks..

    ReplyDelete
  37. mas mau tanya,,,,,kalau rice cooker kalau sudah seharian suka bau nasi nya tapi masih jalan terus kalau masak nasi kadang kadang otomatis nya gak naik naik harus ditunggu takut gosong,,,,,,,itu bagaimana cara memperbaikinya,,,,,,mohon sheringnya,,,,,terimakasih.

    ReplyDelete
  38. mas mau tanya kalau rice cooker nasinya suka bau kalau sudah seharian,,,,,terus kalau masak nasi suka gak naik otomatisnya,,,jadi harus ditunggu takut gosong,,,,,,itu bagaimana cara memperbaikinya,,,,mohon penjelasannya,,,,terimakasih.

    ReplyDelete
  39. Mas saya mau tanya kalau rice cooker yongma,,suka bau kalau sudah seharian terus kalau masak nasi suka gk ke atas otomatisnya,.,,,,itu bgmna cara memperbaikinya trmksh.

    ReplyDelete
  40. mas mau tanya dan bantuannya,,,,,
    bisa kasih gambar jalur kabelnya,,,,coalnya pada putus smua,,,,,,



    sbelumnya mksih mas

    ReplyDelete
  41. makasih bang, sangat membantu skali. beberapa hari yang lalu rice cooker di rumah mati total. sykur sekali saya menemukan blog ini. ternyata kerusakannya di fusenya. saya jumper aja. skarang dah ok lg. makasih bg.

    ReplyDelete
  42. kerusakan relay gk bisa hidup, ternyata biasnya dari kaki IC MC-3500.yg menjadi pertanyaan apa sdh dipastikan IC MC-3500 rusak? apa persamaan jika MC-3500 tidak ada. mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerusakan sebuah IC tidak bisa dicek oleh tester, agan harus tahu data sheet dari IC yg mau ditest, cek tegangan dimasing2 kaki IC harus sesuai data sheet. Dari situ bisa dipastikan apakh IC yang rusak atau komponen pendukung lainnya. Bisa jadi cuma gara2 kabel putus didalam IC jai tidak bekerja

      Delete
  43. Mas maauu tanya punyaku kok kalo buat angetin nasi aja itu dari pagi sampai jam 2 siang udah terasa bau bau kya maauu basi gitu yaa? Itu caranya diapain biar ngga berbau lagi sampai sore/malam hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek thermosthatnya & tegangan listrik dirmah. thermosthat rusak dan tegang turun efeknya nasi bisa seprti itu. Cek heater disamping dan tutup atas, raba pakai tangan hangat atau tidak, biasanya heater di penutup yang bermasalah karena kabel putus didalam akibat tutup sering gerak tutup buka

      Delete
  44. mas mau nanya kan ibu saya punya magic com youngma digital,awal mau masak nasi ituu udah d tekan tombol nyya,tphi setelah beberapa menit kemudian langsung bunyi tapi tulisannya pada magic com itu EO ituu msalahnya apa ya mas ?

    yang rusak bagian mana nya ??

    ReplyDelete
  45. kemungkinanan besar ada kabel yang putus didalam..hrs dicek pak tester..

    ReplyDelete

Page Rank Check


Baca juga :